FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 04-2020

    19819

    Terjadi Pergeseran Penggunaan Internet selama Masa Pandemi

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan adanya pergeseran penggunaan internet di kawasan perkotaan akibat pandemi Covid-19.  

    "Dalam masa pandemi Covid-19 ada perubahan atau pergeseran konfigurasi pemanfaatan atau penggunaan internet. Sebelumnya konfigurasi pemanfaatan internet itu berada di kantor. kampus, sekolah dan tempat publik. Namun, saat ini konfigurasi penggunaan internet bergeser ke perumahan, tempat tinggal, dan  pemukiman," tutur Menteri Johnny saat memberikan keynote opening remarks dalam Global Online Startup Weekend COVID-19 Indonesiadari Jakarta melalui konferensi video, Jumat (24/04/2020). 

    Menteri Kominfo mengakui hal itu sebaagi konsekuensi pelaksanaan imbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah di rumah. "Akibat dari work from home, internet yang banyak dan meningkat di wilayah real estate, perumahan dan pemukiman," ungkapnya.

    Kementerian Kominfo telah meminta kepada penyelenggara layanan telekomunikasi seluler dan penyedia jaringan internet untuk menambah kapasitas dan infrastruktur jaringan guna mendukung pelaksanaan bekerja dan belajar dari rumah.

    "Perusahaan-perusahaan seluler harus melakukan itu dan infrastruktur tambahan untuk memastikan tersedianya layanan internet di wilayah-wilayah yang tadi," ungkapnya.

    Menurut Menteri Kominfo, pihaknya melakukan monitoring kualitas layanan agar bisa mendukung aktivitas warga terdampak pandemi Covid-19. ""Kami memonitor hingga sekarang ada peningkatan penggunaan suara dan data internet sekitar 5% sampai 10%. Traffic masih lebih rendah dibandingkan saat bulan Ramadan tahun 2019," katanya. 

    Meski demikian, Kementerian Kominfo bersama operator telekomunikasi dan penyedia jaringan internet akan menjaga kualitas layanan jika ada peningkatan traffic. "Kami memperkirakan peningkatan traffic pada akhir bulan Ramadan tahun ini. Puncaknya saat Idulfitri karena PSBB. Perkiraan potensi peningkatan trafik akan naik sekitar 40%," ungkapnya.

    Menteri Johnny menyatakan apresasi atas upaya penyelenggara layanan telekomunikasi seluler dan penyedia jaringan internet yang mendukung imbauan pemerintah. 

    "Saya berterima kasih pada perusahaan seluler kita yang dengan sigap mengambil langkah-langkah mematikan menjaga bandwidth yang cukup tersedia di wilayah perumahan, khususnya di episentrum  penyebaran Covid-19," ujarnya. 


    Berita Terkait

    [Berita Foto] Ibu Dina Budi Arie Serahkan Santunan untuk Sivitas Kominfo

    Penyerahan santunan berupa paket sembako itu ditujukan untuk membantu petugas kebersihan dan penjaga keamanan di lingkungan Kementerian Komi Selengkapnya

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

    Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sesuai Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat. Selengkapnya

    Transformasi Digital dan Pemerataan Akses Internet Kunci Indonesia Maju 2045

    Konektivitas yang cepat dan merata akan membuka peluang bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi digital untuk meningka Selengkapnya

    Dirjen PPI: Digitalisasi Penyiaran Peluang Lahirkan Konten Kreator Baru

    Digitalisasi penyiaran meningkatkan kualitas siaran yang diharapkan dapat mempertahankan kepemirsaan televisi di tengah pesatnya perkembanga Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA