FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 04-2020

    709

    Kolaborasi 54 Jam Cipta Solusi Startup Digital #LawanCovid19

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama penggerak ekosistem startup digital di Indonesia menggelar Global Online Startup Weekend COVID-19 Indonesia.Ajang cipta startup digital selama 54 jam tersebut berlangsung pada tanggal 24 sampai dengan 26 April 2020.

    Co-founder & CEO KUMPUL, Faye Alund menyatakan ajang cipta startup digital merupakan bagian dari iGlobal Online Startup Weekend COVID-19.Inisiatif platform investasi dan inovasi global Techstars yang berlangsung di 60 negara. “Saat ini sudah ada lebih dari 60 negara, termasuk Indonesia, yang bergabung menjalankan program berskala dunia ini,” tutur Faye dari Jakarta melalui konferensi video, Jumat (24/04/2020).

    Faye Alund mengatakan ajang cipta solusi startup itu didukung penggerak ekosistem startup digital di Indonesia, KUMPUL, serta mitra jaringan coworkingImpala Network (Semarang), Ngalup.co (Malang), MeetUp Coworking (Pekanbaru), CreateIt (Bandung), SatuTampa (Manado), dan StartupBorneo (Banjarmasin). Ajang itu juga didukung Telkomsel dan Bank DBS.

    “KUMPUL sebagai mitra Techstar untuk Startup Weekend Indonesia menggerakkan jejaring coworking dan komunitas di 28 kota. Pada minggu terakhir sebelum pendaftaran ditutup, sudah ada lebih dari 1.000 pendaftar dari seluruh Indonesia,” ujar Faye Alund.

    Teknisnya, menurut Faye, setiap peserta akan membangun startup dengan fokus enam sektor. “Dalam waktu 54 jam, seluruh peserta akan membangun startup pada enam fokus sektor: kesehatan, populasi rentan, komunitas, bisnis, edukasi, dan hiburan,” tuturnya.

    30 Pembicara dan Mentor

    Proses membangun startup digital akan dibimbing lebih dari 30 pembicara dan mentor dari berbagai bidang, antara lain Dayu Dara (CEO & Founder Pinhome), Doddy Lukito (Chief [In-Hospital] Business Officer Halodoc), Ainun Najib (KawalCovid19.id), Ligwina Hananto (Co-founder & CEO QM Financial), Peter Shearer (CEO dan Founder Wahyoo), serta Danang Rizki Ginanjar (Staff Khusus Menteri Riset, Teknologi dan Badan Riset Inovasi Nasional).

    Pada hari Minggu, 26 April 2020 akan berlangsung Live Pitching yang dapat disaksikan secara virtual melalui platform Youtube Live. Salah satu juri yang akan menilai 10 startup terbaik adalah Co-founder dan ex-CEO Bukalapak, Achmad Zaky.

    Menurut Achmad Zaky pendirian startup digital tidak selalu ditentukan oleh pendanaan atau valuasi. “Pada esensinya, startup hadir sebagai solusi inovatif dari permasalahan yang ada. Saya berharap antusiasme untuk berkontribusi terhadap isu Covid-19 dapat direalisasikan melalui program ini,” tambahnya. 

    Selain itu, Ahmad Zaky, ada juri lain, yaitu Vertical Lead dari Facebook Indonesia, Aldo Rambie; Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan; serta Partner Venturra Discovery, Raditya Pramana.

    Berita Terkait

    Kolaborasi Kominfo-DWP Tingkatkan Literasi Digital Perempuan

    Perempuan memilki kesempatan berwirausaha melalui e-commerce, hingga memberikan kesempatan bagi perempuan dan pasangannya menyeimbangkan kar Selengkapnya

    Dorong Inovasi Transformasi Digital Lewat Journey to 5G Smart City

    Teknologi 5G memiliki keunggulan dalam mendukung pengembangan kota cerdas. Selengkapnya

    Kominfo Ajak Kolaborasi Ciptakan Inovasi Kota Cerdas

    Kementerian Kominfo membangun sebuah sebuah starting point atau titik pijak agar pemerintah daerah bisa mewujudukan Kota Cerdas lebih cepat. Selengkapnya

    Kominfo Dorong Dunia Pendidikan Aktif Ciptakan Talenta Digital

    Kementerian Kominfo mendorong dunia pendidikan untuk mengambil peran dalam penyiapan talenta digital yang dibutuhkan di masa depan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA