FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 04-2020

    1111

    Menko PMK Tekankan K/L Hadir dan Bantu Masyarakat Hadapi Covid-19

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menekankan kepada setiap kementerian dan lembaga di bawah lingkup Kemenko PMK agar memfokuskan realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19 dan membantu masyarakat.

    "Refocusing anggaran harus digunakan untuk mendukung pananganan Covid-19 yang sesuai dengan bidang tugas K/L. Terutama, menyangkut hal-hal yang dibutuhkan dan menjawab keluhan masyarakat," ujar Menko PMK saat memimpin Rapat Tingkat Menteri membahas Tindak Lanjut Realokasi Anggaran dan Agenda Strategis Penanganan Covid-19 melalui konferensi video di Jakarta, Jumat (17/04/2020).

    Menteri Muhadjir setuju dan menyebutkan beberapa realokasi anggaran K/L yang semula digunakan untuk perjalanan dinas dan paket meeting dialihkan pada hal yang dibutuhkan masyarakat dalam Pandemi Covid-19. Seperti, Kemensos yang memberikan paket bantuan sembako; Kemenag akan menyalurkan bantuan untuk penguatan madrasah dll menghadapi Corona; Kemendikbud yang membantu fakultas pendidikan dan kesehatan serta pekerja seni/budaya; serta Kemendes disalurkan untuk inisiasi relawan desa.

    "Saya mengingatkan lagi bahwa semangat Bapak Presiden adalah agar masyarakat yang ekonominya langsung terdampak akibat Covid-19, harus diutamakan," jelas Muhadjir.

    Kemenko PMK sendiri tambahnya, juga membentuk Tim Monev (Monitoring dan Evaluasi) yang beranggotakan para Deputi/Staf Ahli yang mendapat tugas khusus menguatkan peran pengendalian atas pelaksanaan kebijakan-kebijakan K/L lingkup PMK dalam penanganan Covid-19.

    "Saya minta setiap K/L menugaskan satu pejabat eselon 1 untuk bergabung dalam tim pengendali tersebut untuk melakukan supervisi sehingga kebijakan yang dilaksanakan dapat terpantau dan dilaporkan secara periodik," pungkas Menko PMK.

    Hadir dalam RTM melalui konferensi video antara lain Mensos, Menag, Mendikbud, Mendes PDTT, Menpora, Men PPPA, dan Menkes bersama para pendamping eselon satu.

     

    Berita Terkait

    Presiden Lepas Pengiriman Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina dan Sudan

    Bantuan yang dikirimkan tersebut, kata Presiden, bernilai kurang lebih Rp30 miliar berupa obat-obatan dan peralatan-peralatan kesehatan dan Selengkapnya

    Diakui Dunia, Wapres Tekankan Manfaat Ekonomi Syariah Berdampak Nyata ke Masyarakat

    Pemerintah bersama seluruh elemen bangsa mempunyai tugas besar untuk melanjutkan pembangunan kesejahteraan yang berdampak nyata bagi masyara Selengkapnya

    Presiden Pastikan Cadangan Beras Terkendali untuk Stabilkan Harga

    Presiden menuturkan bahwa harga beras di seluruh negara mengalami kenaikan akibat adanya perubahan iklim dan fenomena El Nino. Selengkapnya

    Pemerintah Imbau Tingkatkan Kewaspadaan terhadap Covid-19 di Akhir 2023

    Dengan menerapkan protokol kesehatan diharapkan aktivitas masyarakat terutama wisatawan di destinasi pariwisata dan sentra ekonomi kreatif d Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA