FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 04-2020

    367

    Kominfo Temukan 1.125 Hoaks di Medsos Terkait Corona

    Kategori Sorotan Media | meit001
    Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Foto: Kominfo

    Di tengah penyebaran virus corona seperti saat ini, penyebaran hoaks soal corona di media sosial ikut juga menyebar. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah mendeteksi ada 1.125 sebaran hoaks di semua platform digital.
     
    "Pagi ini ada 474 isu hoaks secara kumulatif, dan secara keseluruhan ada di sebaran 1.000 lebih isu hoaks di platform digital," kata Menkominfo Johnny G Plate saat konfrensi pers virtual di Gedung BNPB, Rabu (8/4).
     
    "Kami sampaikan secara keseluruhan ada 1.125 hoaks, kami telah menyampaikannya ke masing-masing platform digital global. Seperti 785 hoaks di facebook, instagram 10 , twitter 324, youtube 6," kata Johnny G Plate.
     
    Ilustrasi hoaks Foto: Shutterstock
    Dari temuan hoaks-hoaks di platform digital media sosial tersebut, kata Plate sudah 359 di antaranya yang dilaporkan ke masing-masing perusahaan platform digital agar segera dihapus.
     
    "Semuanya sudah ditindaklanjuti oleh platform sebanyak 359 isu hoaks, 303 twitter, 3 instagram, 53 facebook," jelasnya.
     
    Johnny mengatakan, pihaknya secara rutin berkomunikasi dengan perusahaan media sosial tersebut untuk seger menghapus postingan-postingan yang tidak jelas kebenarannya.
     
    "Kami komunikasi rutin dengan platform digital yang ada di Amerika Serikat dan perwakilannya di Jakarta agar segera melakukan take down terhadap hoaks dan disinformasi di platform masing-masing," jelasnya.
     
    Selain melaporkannya ke pihak perusahaan platform digital media sosial tersebut, sebaran hoaks juga sudah ditangani secara hukum oleh Polri.
     
    "Terima kasih kepada Polri telah melakukan penegakan hukum sebanyak 77 kasus dan 77 tersangka, 12 sudah ditahan, 65 proses pendalaman. Marilah saatnya gunakan seluruh fasilitas digital kita, di gadget kita secara cerdas," tutupnya.
     
    Sumber: kumparan.com

    Berita Terkait

    Kominfo : Hingga Juni terdapat 850 hoaks terkait COVID-19

    Direktur Tata Kelola Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Dra Mariam F Barata MI.Kom mengatakan hingga Juni 2020 seti Selengkapnya

    Langkah Kominfo percepat digitalisasi di era normal baru

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menyiapkan langkah yang dapat ditempuh sektor Teknologi Informatika (TIK) untuk mempe Selengkapnya

    Kominfo Percepat Laporan Data Covid-19 di Flores Timur

    Menteri Komunikasi dan Informatikan, Johnny G Plate membuka akses jaringan internet gratis di Desa Demon Pagong, Kabupaten Flores Timur, Nus Selengkapnya

    Menkominfo Resmikan Pembangunan Layanan Akses Internet di Woloklibang

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meninjau sekaligus meresmikan beberapa titik utilisasi akses internet di Kabu Selengkapnya