FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 04-2020

    855

    Targetkan 100 Orang Jadi Ujung Tombak Pemasaran Digital UMKM

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika memulai pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) 2020 Online Academy untuk tema Digital Marketing. Workshop yang berlangsung daring itu diikuti oleh 100 orang peserta yang ditargetkan menjadi talenta digital marketing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia

    Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Hedi M. Idris menyatakan pelatihan itu ditujukan untuk membekali keterampilan digital marketing bagi peserta terpilih. Keterampilan itu dinilai akan menjadi ujung tombak pemasaran digital bagi UMKM di Indonesia.

    "Dengan workshop digital marketing ini kami mengharapkan agar Indonesia tidak hanya sebagai pasar atau konsumen saja. Tetapi bisa menyuplai talenta yang memiliki keahlian pemasaran digital. Termasuk membantu pengembangan UMKM di Indonesia," ungkap Hedi M. Idris saat membuka workshop melalui konferensi video dari Jakarta, Senin(13/04/2020).

    Menurut Kapusbang Proserti, kebutuhan tenaga pemasar digital semakin meningkat seiring dengan perkembangan ekonomi digital Indonesia yang nilainya hampir 40% dari ekonomi digital ASEAN. "Kami harapkan agar peserta ini nantinya setelah lulus akan menjadi ujung tombak bagi ekonomi digital terutama dalam digital marketing.  Karena ke depan, banyak sekali yang sangat membutuhkan digital marketer ini.Peluang kerjanya sangat sangat besar," jelasnya.

    Menurut Hedi, dalam pengelolaan UMKM, kebutuhan tenaga pemasaran digital juga akan meningkat. "Dalam UMKM memang harus ada yang fokus mengelola pemasaran digital. Yang lain akan fokus memproduksi dan mengemas barangnya sebaik mungkin," paparnya.

    Bahkan dengan menyiapkan talenta digital marketing diharapkan Indonesia akan menjadi salah satu pioner dalam ekonomi digital. "Sehingga kita betul-betul harus bisa menjual produk kita sendiri jadi tuan rumah di negeri sendiri dan juga bisa mengekspor barang-barang kita bisa juga masuk ke dunia," papar Kapusbang Proserti. 

    Menurut Hedi M. Idris, dalam masa pendaftaran tanggal 30 Maret s.d. 10 April terdapat 2474 pendaftar yang memilih tema Digital Marketing. "Di pilot project gelombang pertama ini kita buka untuk 100 orang. Jadi, saudara-saudara saya mohon agar mengikuti serta kami minta komitmen dari anda untuk menyelesaikannya," tandasnya.

    Workshop Digital Marketing diselenggarakan Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo dengan Asosiasi Digital Marketing Indonesia. Sebagai salah satu rangkaian Program Online Academy Digital Talent Scholarship 2020, workshop itu berlangsung secara daring selama masa pandemi Covid-19. Dalam workshop yang berlangsung 10 hari itu, selain materi teori yang disajikan secara daring, peserta juga dilatih praktik melakukan pemasaran digital.

     

    Berita Terkait

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    Wamenkominfo akan Bincang Transformasi Digital dengan Sivitas STMM

    Wamenkominfo akan berbincang dengan sivitas STMM Yogyakarta mengenai transformasi digital yang mencakup tangan dan antisipasi perubahan indu Selengkapnya

    Kominfo Usulkan Museum Jadi Lokasi Pembuatan Film

    Dirjen Usman Kansong berharap sutradara atau produsen film di Indonesia bisa turut membuat film-film berlatar belakang museum, seperti di Mu Selengkapnya

    Tambahan Uang Jaminan Logistik? Awas Hoaks!

    Konon, uang jaminan akan dikembalikan ke penerima paket. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA