FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 03-2020

    288

    Mendagri Luncurkan Layanan Administrasi Kependudukan Daring GISA

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meluncurkan pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) Chatbot bernama GISA. Layanan Adminduk dalam jaringan (daring) itu ditargetkan membantu mewujudkan layanan online dan physical distancing sesuai perintah Presiden Joko Widodo agar layanan publik tetap berlangsung dengan baik di tengah pandemi Virus Korona (Covid-19).

    GISA diambil dari program Dukcapil yaitu Gerakan Indonesia Sadar Adminduk. Pada masa seperti ini, kata Tito, masyarakat membutuhkan informasi yang cepat dan akurat. Melalui pencarian di web, informasi sering kali tidak akurat, karena belum tentu sumbernya resmi dan bisa saja sudah kadaluarsa karena ada perubahan aturan.

    “Dengan Chatbot Gisa, masyarakat bisa bertanya layaknya percakapan dengan seorang petugas. Gisa akan selalu memberi informasi akurat yang bersumber dari Dukcapil,” kata Mendagri.

    Secara teknis Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menjelaskan bahwa Chatbot Gisa adalah hasil kerja sama antara Ditjen Dukcapil dengan KORPRI, Gisa ada di aplikasi android AKUI. Aplikasi ini sangat mudah diakses dan bisa diunduh secara gratis melalui Google Playstore dengan kata kunci AKUI.

    Dengan memanfaatkan Chatbot Gisa, Dukcapil dapat terus melayani masyarakat dan tetap menerapkan standar informasi. Informasi terkait pelayanan di Kantor Layanan Dukcapil, seperti prosedur pembuatan KTP dan KK, syarat-syarat pencatatan pernikahan, akta kelahiran, informasi biaya, dan sebagainya, dapat diperoleh dari Gisa secara cepat dan akurat.

    “Dengan informasi yang lengkap ini masyarakat terhindar bolak-balik ke kantor layanan karena persyaratan yang tidak lengkap,” kata Mendagri.

    Dalam beberapa waktu ke depan, masing-masing Kantor Layanan Dukcapil akan secara khusus meningkatkan pelayanan publik di daerahnya dengan memberikan informasi spesifik seperti lokasi kantor layanan, nomor kontak petugas, informasi waktu penyelesaian, serta menerima masukan dari masyarakat.

    Dengan demikian, meskipun tanpa kontak langsung, pelayanan masyarakat yang diperoleh dari Ditjen Dukcapil Kemendagri akan terus berjalan, baik di tingkat nasional maupun daerah.

    Berita Terkait

    Kemendes PDTT Luncurkan Aplikasi Desa Melawan Covid-19

    Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) meluncurkan dua aplikasi seluler yang bermanfaat untuk memb Selengkapnya

    Menag: Peringatan Nuzulul Quran Jadi Momentum Perkuat Kepedulian

    Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi, mengajak umat Islam menjadikan Nuzulul Quran, yang diperingati setiap 17 Ramadan, sebagai momentum memp Selengkapnya

    Gugus Tugas Nasional Luncurkan Awal Sistem Informasi Bersatu Lawan COVID

    Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melakukan peluncuran awal sistem informasi Bersatu Lawan COVID. Peluncuran ini disampaikan Ketua Selengkapnya

    Segera Salurkan Bantuan Sosial dengan Tepat Sasaran

    Kepala Negara juga meminta agar penyaluran jaring pengaman sosial tersebut dapat dilakukan sesegera mungkin dengan mekanisme penyaluran yang Selengkapnya