FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 03-2020

    12202

    [DISINFORMASI] Hantavirus, Virus Baru yang Muncul di China selain Corona

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar kabar yang menyebutkan telah muncul virus baru di China di tengah mewabahnya Virus Corona. Virus yang disebut-sebut sebagai virus baru tersebut bernama Virus Hanta atau Hantavirus yang diklaim bisa membunuh seseorang yang terinfeksi dalam hitungan jam.

    Faktanya, dikutip dari cekfakta.tempo.co menurut laporan dari situs media asing Global Times, memang ada seorang pria dari provinsi Yunnan, China, yang meninggal karena terinfeksi Virus Hanta. Namun dilansir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), virus yang menyebabkan Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS) atau sindrom paru-paru Virus Hanta ini sudah pernah mewabah sebelumnya di AS yakni pada Mei 1993. Narasi yang menyebut Virus Hanta atau Hantavirus adalah virus baru yang muncul di tengah mewabahnya Virus Corona Covid-19 adalah keliru. Virus Corona Covid-19 dilaporkan pertama kali pada Desember 2019, sementara Virus Hanta pertama kali ditemukan pada 1950.

    KATEGORI: DISINFORMASI 

    Link Counter :

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/703/fakta-atau-hoaks-benarkah-virus-hanta-adalah-virus-baru-yang-muncul-di-tengah-pandemi-corona

    Berita Terkait

    [HOAKS] Pneumonia Virus Baru yang Lebih Berbahaya dari Covid-19

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Warga Solo Tolak Kedatangan Prabowo dan Gibran

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Kabupaten Gunungkidul Darurat Klitih

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Ketua MK Anwar Usman Anulir Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA