FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 03-2020

    101

    [DISINFORMASI] Obat yang Dibeli Jokowi dari Cina Komunis Sangat Berbahaya dan Berakibat Kematian

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar pesan berantai di media sosial WhatsApp dengan narasi yang mengklaim bahwa obat untuk mengatasi virus Corona atau Covid-19 yang dibeli presiden Jokowi dari China sangat berbahaya dan berakibat kematian. Pesan tersebut turut menyertakan tautan artikel yang dimuat situs berita  cnnindonesia.com yang berjudul “Warga AS Tewas Usai Minum Cairan Mengandung Chloroquine”.

    Faktanya, setelah ditelusuri narasi pesan berantai dengan konten artikel berita yang dibagikan tidak berkaitan sama sekali. Artikel berita yang dimuat di situs berita cnnindonesia.com pada tanggal 24 Maret 2020 tersebut memberitakan peristiwa meninggalnya seorang pria di Amerika Serikat setelah menenggak cairan pembersih akuarium dengan kandungan Chloroquine. Dari penjelasan tersebut jelas bahwa pria itu bukan meninggal lantaran meminum obat Chloroquine, melainkan cairan pembersih akuarium yang di dalamnya terdapat kandungan Chloroquine. Perlu diketahui, selain dijadikan obat, Chloroquine juga kerap digunakan sebagai salah satu bagian untuk membuat cairan pembersih. 

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter :

    https://turnbackhoax.id/2020/03/25/salah-obat-yang-dibeli-jokowi-dari-cina-komunis-sangat-berbahaya-dan-berakibat-kematian/

    https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200324103101-134-486343/warga-as-tewas-usai-minum-cairan-mengandung-chloroquine?

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Anggaran Penanganan Corona di DKI Jakarta Hanya 130 Miliar

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Jakarta menjadi Daerah Paling Banyak Terinfeksi Virus Covid-19 karena Salah Pilih Gubernur

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Foto Uang yang Dibuang oleh Warga Italia di Tengah Pandemi Corona

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Satu Warga di Wilayah Kelurahan Sukarawarna Kota Bandung Positif Virus Corona

    Selengkapnya