FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 03-2020

    106

    Pemerintah Alihkan Anggaran untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Warga beraktivitas di Pasar Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (5/2/2020). - (antarafoto)

    Bogor, Kominfo - Presiden Joko Widodo meminta kepada Menteri Keuangan ada kurang lebih Rp40-an triliun yang segera bisa dialihkan untuk program-program yang berkaitan langsung dengan konsumsi atau daya beli masyarakat, baik petani, nelayan, pekerja, buruh, usaha mikro, dan usaha kecil.

    Kepala Negara juga mengingatkan kepada Menteri Desa dan PDTT serta Menteri Dalam Negeri agar mengarahkan semua kepala daerah, semua kepala desa, yang berkaitan dengan Dana Desa agar diarahkan kepada cash for work, padat karya. “Sehingga masyarakat desa bisa menikmati Dana Desa sebesar Rp72 triliun. Ini, diarahkan ke sana, jangan dipakai untuk hal-hal yang tidak menyasar pada konsumsi masyarakat, tidak menyasar pada daya beli masyarakat,” imbuh Presiden pada bagian lain pengantar pada Rapat Kabinet secara daring, Senin (16/03/2020).

    Berkaitan dengan Kartu Prakerja, Presiden mengharapkan hari ini organisasinya sudah selesai dan pada minggu ini kartu tersebut sudah bisa dijalankan karena menyangkut uang yang tidak sedikit, Rp10-12 triliun. “Saya kira perpres-nya sudah ada, organisasinya segera diselesaikan, sehingga Kartu Prakerja itu bisa segera dimulai dan segera bisa dilaksanakan,” ujarnya.

    Mengenai PKH tahap kedua, kepada Menteri Sosial, karena juga menyangkut uang yang besar, Presiden minta agar segera dimulai. Kalau bisa, Presiden minta apakah ada kemungkinan Menteri Keuangan menambah besaran dari PKH ini sehingga akan memperkuat daya beli, akan memperkuat konsumsi masyarakat dalam belanja jadi diharapkan pertumbuhan ekonomi tidak terlalu besar turunnya.

    “Saya kira ini juga sebuah kerja jarak jauh yang saya nilai juga sangat efektif dalam rangka tetap kita bekerja keras menyelesaikan persoalan-persoalan Virus Korona maupun perlambatan pertumbuhan ekonomi,” pungkas Presiden seraya menyampaikan jika ada yang ingin disampaikan dapat langsung diberitahukan.

    Berita Terkait

    Sekarang Momentum Rumuskan Standar Pendidikan Dasar dan Menengah

    Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa dengan adanya pembatalan ujian nasional tahun 2020 serta peringkat Indonesia dalam Programme for Int Selengkapnya

    Pemerintah Gratiskan Pelanggan Listrik 450 VA Selama Tiga Bulan Mendatang

    Pelanggan listrik dengan daya 900 VA mendapat keringanan biaya pemakaian sebesar 50 persen Selengkapnya

    Pemerintah Tetapkan Status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat

    Covid-19 yang telah menjadi pandemi global dinilai sebagai jenis penyakit berisiko yang menimbulkan kedaruratan kesehatan di tengah masyarak Selengkapnya

    Kendalikan Mobilitas Antarnegara untuk Antisipasi Lonjakan Kasus Impor Covid-19

    Selain mengendalikan mobilitas antarwilayah di dalam negeri, Presiden juga menyerukan agar mobilitas antarnegara yang berisiko membawa kasus Selengkapnya