FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 05-2013

    12527

    Menkominfo Geber Fasilitas Wifi Gratis

    Kategori Sorotan Media | admin

    Malang - Kementerian Komunikasi dan Informatika terus menambah fasilitas Wifi gratis di sejumlah kawasan publik. Langkah ini dilakukan untuk mendongkrak perekonomian berbasis teknologi informasi.

    Menkominfo Tifatul Sembiring mengatakan ada 700 titik Wifi gratis yang akan dipasang di sepanjang tahun 2013 ini. Ia mengatakan, fasilitas free Wifi ini untuk mewujudkan 50% masyarakat Indonesia agar bisa mengakses internet gratis.

    Tahun sebelumnya, lanjut dia, sudah terpasang 300 titik free wifi. Semuanya ditempatkan pada kawasan publik, seperti rumah sakit, terminal, dan lembaga pendidikan.

    "Dengan penambahan Wifi gratis, ekonomi berbasis IT dapat semakin maju," katanya di Universitas Brawijaya, Sabtu (4/5/2013).

    Menkominfo juga mencatat, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 50% dari jumlah penduduk. Bukan hanya sekadar mengakses, tapi juga memanfaatkannya untuk bisnis usaha yang total keseluruhan industri bisa menembus angka Rp 400 triliun per tahunnya.

    "Jumlah telepon seluler, hampir menyamai banyaknya penduduk Indonesia," ungkap Tifatul.

    Ditanya anggaran pemasangan Wifi gratis tersebut, Tifatul tidak bisa merincinya. Hanya saja semua dana pembiayaan berasal dari APBN. Namun sayangnya, Tifatul mengaku tak hafal mengenai jumlah anggaran yang dikeluarkan pemerintah melalui APBN dalam rangka pengadaan wifi gratis tersebut.

    "Nominalnya saya lupa, yang jelas kita terus berkomitmen menambah fasilitas free Wifi di Tanah Air," terangnya.

    Dikatakan Tifatul, selain free wifi, program Indonesia Connected juga tengah dijalankan agar mencakup seluruh wilayah di Indonesia. "Layanan internet kecamatan juga sudah jalan. Ini memberikan kemudahan masyarakat di pelosok negeri saat membutuhkan internet," tutur Tifatul.

    Kominfo juga menggandeng Telkom untuk memasang fasilitas Wifi di penjuru negeri. Tahun ini sebanyak 30 ribu titik fasilitas Wifi terpasang, di antaranya di wilayah Banyuwangi dan Bandung.

    sumber: http://inet.detik.com/read/2013/05/04/163250/2238051/328/menkominfo-geber-fasilitas-wifi-gratis

    Berita Terkait

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Ajak Warganet Meriahkan SNF 2020, Menkominfo: Sebarkan Semangat Positif dan Kreatif

    Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali menggelar festival tahunan Siberkreasi Netizen Fair (SNF) 2020. Menteri Komunik Selengkapnya

    Kemkominfo Tambah Fitur Aplikasi Simonas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menambahkan beberapa fitur terbaru di aplikasi Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertif Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA