FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 03-2020

    3309

    Lantik 177 PNS, Sekjen Kominfo: Pahami Aturan, Hak dan Kewajiban ASN

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf
    Sekjen Kominfo Rosarita Niken Widiastuti, saat membacakan pengambilan sumpah jabatan kepada 177 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (03/03/2020).

    Jakarta, Kominfo – Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti memimpin pengambilan sumpah jabatan 177 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian Kominfo Tahun. Acara yang diiringi dengan pelantikan itu berlangsung di Aula Anantakupa, Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (03/03/2020).

    Pelantikan CPNS Tahun 2019 itu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kominfo RI Nomor 1-172 dan Surat Keputusan Menteri Kominfo RI Nomor 256-269 yang masing-masing terhitung mulai tanggal 1 Februari dan 1 Maret 2020 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Kominfo.

    “Dengan pengangkatan sumpah, maka hari ini merupakan awal dari adik-adik (PNS Kominfo), mengabdi secara 100 persen kepada Negara Republik Indonesia,” tutur Sekjen Niken dalam kata sambutannya usai prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan.

    Sekjen Niken menjelaskan pengambilan sumpah jabatan sebagai PNS, merupakan bentuk kesanggupan PNS dalam mematuhi dan menjalankan makna sumpah yang baru saja diucapkan atas nama keyakinan masing-masing.

    "Karena itu, ini adalah kesanggupan di hadapan Tuhan, dan juga di hadapan kita semua, manusia. Karena kesanggupan di hadapan Tuhan tentunya harus dilaksanakan dengan penuh kesadaran dan penuh tanggung jawab," ujarnya.

    Bersyukur Jadi PNS di Lingkungan Kominfo

    Sekjen Kominfo juga mengatakan, para PNS, khususnya di lingkungan Kementerian Kominfo patut bersyukur, karena pendaftaran CPNS pada tahun 2019 jumlahnya mencapai 4 juta pendaftar, sementara yang diterima hanya sekitar 18.000 secara nasional.

    Jumlah tersebut jika dibandingkan mungkin berkisar satu banding 20 dari banyaknya peminat. Belum lagi, lanjut Sekjen Kominfo, minat generasi muda Indonesia yang ingin menjadi PNS pun semakin tinggi.

    "Jadi, Anda ini adalah orang-orang terpilih. Anda patut bersyukur karena betapa susahnya untuk menjadi pegawai negeri sipil, karena pegawai negeri sipil sampai saat ini masih menjadi dambaan sebagian besar generasi muda," imbuhnya.

    Sekjen Niken mengingatkan rasa syukur atas kerja keras dan susah payah yang dilewati untuk menjadi seorang ASN. Rasa syukur itu perlu ditunjukkan melalui kinerja dan loyalitas pengabdian kepada bangsa dan negara dengan sebaik-baiknya.

    "Saudara-saudara nantinya akan terus mengikuti dinamika dalam melaksanakan tugas, pokok dan fungsi di tempat masing-masing. Karena itu, adik-adik harus tahu mengenai aturan-aturan, seperti hak dan kewajiban ASN," tambahnya.

    Turut hadir dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah PNS tersebut, Inspektur Jenderal Kementerian Kominfo Dodi Setiadi, dan sejumlah pejabat dari masing-masing Satker.

    Dari 177 PNS di Lingkungan Kementerian Kominfo, masing-masing ditempatkan di Sekretariat Jenderal sebanyak 26 orang, Direktorat Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika 70 orang, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika 27 orang, Direktorat Informasi dan Komunikasi Publik 15 orang, Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia 21 orang, dan di Inspektorat Jenderal sebanyak 18 orang. (aik)

    Berita Terkait

    Apresiasi Aksi Baksos DWP, Sekjen Kominfo: Bukti Nyata Kebersamaan

    Sekjen Mira Tayyiba mengapresiasi dedikasi dan komitmen DWP Kementerian Kominfo yang telah ditunjukan dalam menggerakan kegiatan sosial dari Selengkapnya

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    Awas Hoaks! Kontrol Penyakit, WHO Lakukan Pengawasan

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari kompas.com, informasi yang beredar tersebut merupakan Selengkapnya

    Akan Diresmikan Presiden, Kominfo Targetkan PDN Tuntas Agustus 2024

    Selain di Bekasi, Kementerian Kominfo merencanakan pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA