FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 02-2020

    1355

    Digitalisasi Sektor Strategis untuk Tingkatkan Ekonomi Digital

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf
    Plt. Direktur Ekonomi Digital, I Nyoman Adhiarna, saat menyampaikan paparannya dalam acara Seminar FinEast 2020, Kupang, Kamis (27/02/2020).

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan digitalisasi pada sektor-sektor strategis antara lain logistik, pendidikan, kesehatan, pariwisata, pertanian, dan maritim. Upaya itu ditujukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonom digital di Indonesia. 

    "Upaya kami melakukan digitalisasi pada sektor strategis dilakukan agar dapat meningkatnya pemanfaatan TIK untuk menunjang pertumbuhan ekonomi," ucap Plt. Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, I Nyoman Adhiarna dalam Acara Seminar FinEast 2020 di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis (27/02/2020).

    Menurut Nyoman, ada beberapa hal yang dilakukan dalam digitalisasi sektor-sektor strategis. "Pada Sektor Kesehatan kami membangun ekosistem pengelolaan fasilitas kesehatan (rumah sakit, puskesmas, klinik) untuk mendorong  transformasi digital di sektor kesehatan. Sedangkan pada sektor Pertanian dan Maritim kami berusaha mengimplementasikan pengembangan ekosistem smart farmingsmart fishing dan pasar lelang digital," jelas Nyoman.

    Untuk sektor pariwisata, Plt. Direktur Ekonomi Digital memaparkan Kementerian Kominfo mengupayakan pembuatan konten wisata secara digital dengan menggandeng Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat, serta komunitas yang bergerak di sekor pariwisata. Selain pembuatan konten, promosi wisata melalui startup pariwisata juga akan dilakukan.

    "Kementerian Kominfo melakukan dua hal utama dalam digitalisasi pada sektor tersebut (pertanian), yaitu pertanian presisi dan digitalisasi pencatatan hasil lelang komoditas hortikultura," tuturnya.

    Pertanian presisi merupakan konsep pertanian yang menggunakan bantuan teknologi Internet of Things (IoT) dan Geographical Information System (GIS) untuk mengidentifikasi, menganalisa dan mengelola keberagaman informasi yang ada pada lahan diantaranya mengenai kondisi udara, air, cuaca, dan iklim untuk memastikan perlakuan yang tepat sehingga produktivitas dan keberlanjutan lahan optimal.

    Dalam melakukan digitalisasi sektor strategis Nyoman mengatakan bahwa Kementerian Kominfo tidak sendirian, namun menggandeng berbagai stakeholder terkait. "Kami bekerja sama dengan K/L/D terkait, startup digital pada sektor tersebut, perbankan, asuransi, dan NGO," pungkasnya.

    foto bersama di acara fineast 2020

    Berkaitan dengan pembangunan kawasan Indonesia Timur, Ditjen Aplikasi Informatika pada tahun 2020 dan tahun-tahun berikutnya akan lebih memfokuskan kegiatannya dalam mendukung ekonomi digital di Kawasan Indonesia Timur. "Beberapa diantaranya adalah digitalisasi kegiatan petani, nelayan dan UMKM melalui kegiatan fasilitasi UMKM go online pada destinasi wisata super prioritas dan prioritas serta implementasi pengembangan ekosistem smart farming dan smart fishing di berbagai lokasi di Indonesia Timur,” jelasnya.

    FinEast 2020 merupakan acara yang diselenggarakan oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia (AFPI) didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan tema “Membangun Ekonomi Digital di Indonesia Timur”, acara  tersebut ditujukan untuk memberikan edukasi fintech lending, mendorong tumbuhnya pelaku ekonomi digital Indonesia khususnya indonesia timur, dan kolaborasi antar stakeholders.

    Dalam seminar tersebut hadir pula Staf Khusus Presiden Andi Taufan Garuda Putra,  Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (LPDBKUMKM) Braman Setyo, dan Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra. Acara itu berlangsung dipandu moderator CEO Digi Asia Alexander Rusli.

    sesi pertanyaan mahasiswa di acara fineast 2020

    Berita Terkait

    Kolaborasi Kominfo-DWP Tingkatkan Literasi Digital Perempuan

    Perempuan memilki kesempatan berwirausaha melalui e-commerce, hingga memberikan kesempatan bagi perempuan dan pasangannya menyeimbangkan kar Selengkapnya

    [Berita Foto] Menteri Budi Arie Bicara Ekonomi Digital ASEAN

    Pemerintah Indonesia terus mengakselerasi agenda transformasi digital nasional, termasuk memperkuat konektivitas digital, khususnya melalui Selengkapnya

    Percepat Digitalisasi Pos, Kominfo Siapkan Fasilitasi

    Usai dilantik bersama lima pejabat pimpinan tinggi pratama lain, Direktur Gunawan Hutagalung menyatakan penyelenggaraan pos saat ini masih d Selengkapnya

    Kominfo Dukung Pengembangan Fitur WhatsApp untuk Transformasi Digital Nasional

    Menkominfo memberikan apresiasi atas fitur baru dalam WhatsApp untuk mendukung pembangunan masyarakat digital Indonesia. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA