FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 02-2020

    2513

    [HOAKS] Setelah Virus Corona, Kini Muncul Virus Zika yang Sangat Berbahaya di Indonesia

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar postingan di media sosial yang menyebutkan adanya satu virus baru yang sangat berbahaya dan memiliki gejala yang sama dengan virus Corona, yakni virus Zika. Informasi tersebut juga ditambahkan dengan narasi yang menghebohkan, karena menyebut virus tersebut sudah masuk di beberapa daerah di Indonesia.

    Faktanya, dikutip dari laman Instagram Tim Jabar Saber Hoaks @jabarsaberhoaks, informasi mengenai virus Zika yang sama bahayanya dengan virus Corona yang sudah masuk ke Indonesia adalah tidak benar. Virus Zika (ZIKV) merupakan sejenis virus dari keluarga flaviviridae dan genus flavivirus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Virus tersebut menyebabkan sakit yang ringan kepada manusia yang dikenal sebagai demam Zika atau penyakit Zika. Informasi yang menyebutkan bahwa virus Zika sudah sampai ke Bandung juga dibantah oleh Dinas Kesehatan Jawa Barat yang ikut mengomentari unggahan Tim Jabar Saber Hoaks. "Betul saat ini khususnya di Jawa Barat tidak ditemukan kasus atau kejadian penyakit Zika. Namun kita tetap harus waspada dan melakukan tindakan pencegahan yaitu PSN 3M Plus," tulis Dinkes Jabar.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter :

    https://www.instagram.com/p/B8719L8nNDK/

    https://tasikmalaya.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-06343506/belum-usai-wabah-virus-corona-yang-mematikan-kini-muncul-virus-zika-dengan-gejala-sama-dinas-kesehatan-jawa-barat-beri-penjelasan

    Berita Terkait

    [HOAKS] Suporter Vietnam Melakukan Teror Kembang Api Dekat Hotel Timnas Indonesia

    Selengkapnya

    [HOAKS] CNN: Mahkamah Konstitusi Tolak Gugatan Soal Pernikahan Beda Dimensi

    Selengkapnya

    [HOAKS] Telur Rebus yang Berwarna Kehijauan Berbahaya

    Selengkapnya

    [HOAKS] Stanford University Akan Bangun Kampus di IKN

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA