FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 02-2020

    255

    Menkominfo Dukung PT Jadi Pusat Penelitian Produk Digital

    Kategori Berita Kementerian | Yusuf
    Menteri Kominfo Johnny G. Plate saat menjadi pembicara kunci pada Seminar dan Workshop Quantum Information di Aula Soesilo Soedirman Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (20/02/2020). - (NRZ)

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menekankan pentingnya pengembangan inovasi dari dunia pendidikan, khususnya pada perguruan tinggi di Tanah Air. Bahkan, Menteri Johnny mendukung perguruan tinggi menjadi pusat penelitan untuk menghasilkan produk baru di dunia digital Indonesia.

    “Saya mendukung sekali apa yang disampaikan oleh Prof Dwi (Dekan STEI-ITB), untuk marilah universitas kita menjadi pusat research (penelitian), yang betul-betul tidak saja selesai di jurnal, tidak saja selesai di buletin, tapi dia harus bisa menghasilkan produk-produk baru untuk masuk ke era dunia digital kita,” tutur Menteri Johnny saat memberikan keynote speech dalam Quantum Information Seminar dan Workshop 2020 di Aula Soesilo Soedirman Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (20/02/2020).

    Menkominfo memberi sambutan dalam acara Quantum di Kemenpar

    Menurut Menteri Johnny, jika perguruan tinggi di Indonesia tidak fokus membangun pusat penelitian, maka Indonesia hanya bisa menjadi konsumen atau pasar. “Inovasi harus bertumbuh. Kita harus bisa menghasilkan platform-platform, aplikasi-aplikasi dan teknologi di dalam ruang digital, yang memungkinkan kita nanti menjadi bangsa yang ikut bersama-sama bangsa pemenang lainnya, kalau tidak, kita hanya menjadi konsumen,” ujarnya.

    Selain di ranah pendidikan, Menteri Johnny juga mengajak dunia bisnis agar menekankan tiga hal penting, yakni investasi, invensi dan inovasi. “Dunia bisnis harus juga punya kecepatan untuk mengambil keputusan invensi, inovasi dan investasi. Tanpa investasi yang memadai, maka kita sekali lagi, hanya menjadi konsumen,” imbuhnya.

    Sebelumnya, Dekan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institute Teknologi Bandung (STEI-ITB) Dwi H. Widyantoro mengatakan, berkembangnya teknologi Quantum di negara-negara maju, karena perusahaan-perusahaan teknologi ternama mendapat dukungan dari tenaga ahli pendidikan dalam melakukan penelitian.

    Kegiatan seminar dan workshop 2020 yang digelar Quantum Indonesia itu ditujukan untuk membangun komitmen dan menumbuhkan kesadaran akan manfaat dari teknologi komunikasi Quantum, serta keamanan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Kegiatan tersebut ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara SpeQtral, STEI-ITB dan Kennlines Capital Group. (aik)

    Menkominfo foto bersama di acara Quantum

    Berita Terkait

    Menkominfo Dorong Penyiaran Nasional Lebih Kreatif dan Inspiratif

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampikan selamat atas Peringatan Hari Penyiaran ke-87 Tahun 2020. "Selamat hari hari Selengkapnya

    Menkominfo: Satukan Energi Positif Bangsa untuk Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

    Pemerintah terus berupaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang telah menyebar di berbagai daerah. Menurut Menteri Selengkapnya

    Menkominfo Imbau Platform Digital Stabilkan Harga Layanan

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengimbau kepada seluruh platform digital agar ikut memantau dan menjaga ketersediaan har Selengkapnya

    Kominfo Dukung Kanal Informasi untuk BNPB dan Kemenkes

    Dalam penanganan pandemi Covid-19, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama operator seluler berupaya mengimplementasikan protokol Inf Selengkapnya