FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 02-2020

    1661

    [DISINFORMASI] China Tembak Massal Warga Wuhan yang Terinfeksi Virus Corona

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan tiga pria berpakaian pelindung sambil membawa senjata memasuki lorong apartemen. Terlihat pula sejumlah orang  tergeletak di tanah dan terdengar suara yang mirip tembakan. Pengunggah video dalam narasinya mengklaim telah terjadi penembakan massal terhadap warga Wuhan yang terinfeksi virus Corona. 

    Faktanya, tidak benar peristiwa dalam video tersebut merupakan penembakan massal terhadap warga Wuhan yang terinfeksi virus Corona. Dikutip dari cekfakta.tempo.co, video tersebut merupakan hasil suntingan dengan menggabungkan tiga video berbeda yang diambil dalam waktu yang berbeda. Ketiga polisi di video itu tidak melakukan penembakan massal terhadap warga yang terinfeksi virus Corona. Mereka dikirim ke jalan Futian untuk mengatasi anjing gila. Suara yang mirip tembakan dalam video itu pun bukan suara senjata, melainkan suara kembang api atau petasan.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter :

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/621/fakta-atau-hoaks-benarkah-cina-tembak-massal-warga-wuhan-yang-terinfeksi-virus-corona

     

     

    Berita Terkait

    [HOAKS] Indonesia adalah Negara dengan Utang Terkecil di Dunia

    Selengkapnya

    [HOAKS] Pemerintah Cina akan Pindahkan Warganya ke Indonesia

    Selengkapnya

    [HOAKS] Anak yang Tidak Divaksin Bebas dari Infeksi Telinga

    Selengkapnya

    [HOAKS] Demo Mahasiswa dan Warga Bandung di Gedung Sate Tuntut Presiden Jokowi Turun

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA