FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 02-2020

    1105

    Perkuat Amatir Radio Kep. Sangihe untuk Jaga Keutuhan NKRI

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Manado, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika memperkuat pegiat amatir radio di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Upaya itu bagian dari penyiapan cadangan telekomunikasi nasional serta penjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

    Amatir radio di Kepulauan Sangihe perlu mendapat perhatian dan diperkuat keberadaannya, baik teknologi yang digunakan, maupun standar komunikasinya,” kata Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Manado Syamsul Huda kepada para peserta Ujian Negara Amatir Radio berbasis Computer Assisted Test (UNAR CAT), di Politeknik Negeri Nusa Utara Tahuna, Sabtu (08/02/2020).

    Arti penting amatir radio di Kepulauan Sangihe ini mengingat kabupaten ini melingkupi 26 pulau dari 105 gugusan kepulauan di provinsi paling utara tersebut. Secara geografis, Kabupaten Kepulauan Sangihe berada di bibir Samudera Pasifik dan terletak di antara Pulau Sulawesi dan Pulau Mindanao (Filipina).

    “Jaringan komunikasi yang dimiliki amatir radio dapat berperan sebagai penyambung antarpulau melengkapi jaringan telekomunikasi mainstream yang telah disediakan oleh operator selular, jelas Syamsul Huda.

    Kepala Balmon Manado berharap penyelenggaraan amatir radio dapat memperbanyak kegiatan Hamfest, Field Day, DX Ing/DX Pedition dan Islands on the Air (IOTA). “Tujuannya untuk memperkenalkan dan mempromosikan pulau yang menarik di Sulawesi Utara kepada dunia internasional melalui komunikasi radio,” katanya.

    Ujian reguler di Kepulauan Sangihe merupakan pelaksanaan kedua dari rencana 12 kali UNAR CAT yang akan digelar Balmon Manado sepanjang 2020. Dari 20 peserta tingkat siaga dan penggalangumumnya menyatakan puas atas penyelenggaraan UNAR CAT. Selain proses ujian lebih cepat, selesai mengerjakan soal peserta langsung dapat mengetahui hasilnya. Izin Amatir Radio (IAR) juga sudah bisa langsung diterbitkan, ungkap Muhammad Bin Jindansatu peserta ujian, mengungkapkan kepuasannya.

    Dalam kesempatan yang sama, Ketua ORARI Lokal Kabupaten Kepulauan Sangihe Ferdy Panca Sinedu berharap adanya bantuan repeater untuk memperluas coverage area. “Supaya dapat menjangkau seluruh anggota amatir radio di wilayah ini,” kata pemilik callsign YB 8 SPDyang juga anggota DPRD Kabupaten Kepulaun Sangihe.

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Perkuat Konektivitas Tol Langit Lewat BTS 4G dan SATRIA-1

    Menkominfo Budi Arie Setiadi menargetkan pembangunan 7200 BTS 4G BAKTI Kominfo di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) dapat disele Selengkapnya

    Perkuat Implementasi SPBE, Kominfo Latih Pimpinan Lembaga Pemerintahan

    Kementerian Kominfo bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi ternama di dunia dalam DLA, antara lain National University of Singapore, Selengkapnya

    Tingkatkan Kualitas Amatir Radio Lewat Pertemuan Lokal

    Pertemuan lokal akan bisa dimanfaarkan untuk pengenalan dan pembekalan sekaligus pelatihan. Selengkapnya

    Percepat Implementasi Kota Cerdas untuk Tingkatkan Layanan KPPN dan IKN Baru

    Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya mempercepat implementasi Program Smart City atau Kota Cerdas di Kawasan Pariwisata Prioritas Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA