FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 02-2020

    1236

    Butuh Komitmen Pemerintah Daerah dalam Pelaksanaan SPBE

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Lampung, Kominfo – Pengelolaan e-Government di daerah menghadapi tantangan kelembagaan. Perlu komitmen pemerintah daerah dalam mendukung pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

    “Mengelola e-Government baik di pusat maupun di daerah menghadapi tantangan yang sangat besar seperti kelembagaan. Sehingga diperlukan dukungan dan komitmen pemerintah daerah khususnya Dinas Kominfo dalam mendukung pelaksanaan SPBE,” ujar Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan, Bambang Dwi Anggono, saat Rakor Sinkronisasi Program Kegiatan Bidang Kominfo dan Statistik di Lampung, Kamis (03/02/2020).

    Menurut Bambang, peran strategis tersebut di tingkat pusat menjadi tanggung jawab dari Direktorat Layanan Aplikasi Informatika (LAIP), Ditjen Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo.

    “Seperti pengelolaan nama domain dalam rangka menjaga kedaulatan negara, pemerintah wajib menempatkan servernya di dalam negeri, menggunakan IP alokasi Indonesia dan menggunakan DNS domain .id,” tegas Bambang.

    Dalam kesempatan itu Bambang pun menyampaikan sejumlah program lain, seperti pengelolaan data center nasional, jaringan intra pemerintah (JIP), dan smart city.

    Sementara itu Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Provinsi Lampung, Adeham, saat membuka acara mengatakan rakor tersebut dilaksanakan untuk mendukung salah satu Program Prioritas Nasional Pemerintah.

    “Dalam mewujudkan manajemen penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance), efektif, efisien, professional, transparan dan akuntabel, maka diperlukan proses, tahapan dan mekanisme perencanaan yang baik berdasarkan skala prioritas. Sehingga pembangunan di bidang komunikasi, informatika dan statistik akan terlaksana secara optimal,” ujarnya.

    Menurut Adeham, keberadaan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik memiliki peranan penting dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di Provinsi Lampung.

    “Tata kelola pemerintahan yang berbasis elektronik sangat dibutuhkan agar siap untuk memasuki era digital dan dunia cyber. Aspek keterbukaan, akuntabilitas, kecepatan, konektivitas menjadi poin untuk menjadi lebih baik,” jelas Adeham.

    Acara tersebut mengambil tema “Melalui Rakor Sinkronisasi Program Kegiatan Bidang Kominfo dan Statistik Kita Wujudkan Sinergitas Program Pemerintah Provinsi dengan Kabupaten/Kota Menuju Rakyat Lampung Berjaya”. Hadir dalam acara seluruh Dinas Kominfo Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung. (ran)

    Sumber: aptika.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Pameran dan Gelar Wicara ISES 2023

    Indonesia Startup Ecosystem Summit. Program tersebut merupakan acara tahunan bagi para penggerak dan fasilitator ekosistem startup Indonesia Selengkapnya

    Ini Strategi Kominfo Cegah Generasi Muda Terjebak TPPO

    Kementerian Kominfo menjalankan peran yang berkaitan dengan upaya menghadapi modus penipuan melalui media daring melalui media sosial atau m Selengkapnya

    Jangkau Masyarakat, Pemerintah Terapkan Nilai 3E+1N dalam Kemasan Informasi

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo mengajak perwakilan lembaga pemerintah untuk memanfaatkan Komunitas Sohib yang telah dibentuk dibawah platfor Selengkapnya

    Pejabat Humas Pemerintah Diimbau Tak Pamer di Medsos

    Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar lebih mengedepankan pelayanan kepada masyarakat. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA