FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 02-2020

    1761

    HPN 2020, Momentum Tingkatkan Jiwa Nasionalisme dan Idealisme Insan Pers Indonesia

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Kominfo Johnny G Plate (kedua dari kiri), bersama Ketua PWI sekaligus Penanggungjawab Hari Pers Nasional 2020, Atal S Depari (kiri); Anggota Komisi I DPR RI Nico Siahaan (kedua dari kanan) dan Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo (kanan) Program Indonesia Bicara bertajuk Hari Pers Nasional 2020 bersama Anugerah Adinegoro, Gedung TVRI, Jakarta, Senin (03/02/2020) malam. - (AYH)

    Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate berharap, peringatan Hari Pers Nasional pada tanggal 9 Februari mendatang menjadi momentum bagi industri pers di Indonesia dalam menghasilkan dan meningkatkan kualitas insan pers yang memiliki jiwa nasionalisme dan idealisme.

    "SDM pers ini bukan hanya industrinya saja, tapi dia sangat tergantung pada kualitas insan persnya sendiri, karenanya yang harus betul-betul dikawal dan dijaga adalah kualitas insan persnya, satu untuk Indonesia menghasilkan insan pers yang nasionalis dan insan pers yang idealis, dan Adinegoro adalah gardanya," tutur Menteri Johnny usai menjadi narasumber dalam Program Indonesia Bicara bertajuk Hari Pers Nasional 2020 bersama Anugerah Adinegoro, Gedung TVRI, Jakarta, Senin (03/02/2020) malam.

    Menteri Johnny mengatakan bahwa penghargaan atas karya-karya jurnalis adalah sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas kedewasaan pers Indonesia, tidak terlepas juga peningkatkan kualitas industri pers baik dari media cetak, online maupun televisi.

    Berkaitan dengan industri pers, menurut Menteri Johnny, pers senantiasa mengalami tantangan dari waktu ke waktu yang besar dengan disrupsi dan kemajuan teknologi, juga tersedianya fasilitas-fasilitas dalam ruang digital yang luar biasa perkembangannya saat ini.

    "Pada saat di mana negara, bangsa dan masyarakat bertransformasi ke era digital, media dan pers juga bertransformasi digital, tapi di saat yang sama segmentasi media mainstream cetak dan elektronik itu pangsa pasarnya dan kebutuhannya harus tetap terjaga karena di situ ada kualitas medianya sendiri dan garda pengawalnya adalah Adinegoro," jelasnya.

    Menteri Kominfo memberikan apresiasi kepada Adinegoro yang secara konsisten memberikan penghargaan atas karya dan dedikasi para insan pers. Penghargaan seperti ini merupakan benteng dan pengawal menyoal kualitas jurnalistik nasional.

    "Saya secara khusus memberikan penghargaan kepada Adinegoro karena penghargaan seperti ini adalah benteng dan pengawal kualitas jurnalistik kita, ini bukan soal hadiah tapi ini soal kebanggaan akan kualitas jurnalisme kita, maka begitu pentingnya dari tahun ke tahun karya Adinegoro ini harus ditingkatkan dan disemarakkan," terangnya.

    Menteri Johnny berharap, perayaan Hari Pers Nasional 2020 dijadikan sebagai momentum mengawal pers sebagai pilar demokrasi. "Hari Pers kali ini mari kita rayakan hari pers kita agar kebebasan berserikat, berpendapat pers dan demokrasi kita itu semakin maju kedepan untuk kejayaan bangsa dan negara kita," tambahnya. (air)

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Tingkatkan Kecakapan Nelayan dan ABK Lewat Bimtek SOR

    Komunikasi yang baik dan benar memiliki manfaat bagi para nelayan dan melindungi pengguna frekuensi lain dari kemungkinan terjadi interferen Selengkapnya

    Lewat AMH 2022, Kominfo Apresiasi Dukungan Komunikasi Publik Presidensi G20 Indonesia

    Setiap tahun Kementerian Kominfo selalu membuat tema AMH dengan penekanan penekanan pada tema-tema tertentu. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA