FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 01-2020

    325

    Wujudkan Visi ‘SDM Unggul Indonesia Maju’ dengan Pembinaan Karakter

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Sejumlah pelajar setingkat SMA mencari informasi saat Pameran Pendidikan Tinggi di monumen Simpang Lima Gumul, Kediri, Jawa Timur, Senin (13/1/2020). - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo – Sebagai upaya mewujudkan visi Pemerintah “SDM Unggul Indonesia Maju”, maka perlu didukung dengan membangun SDM yang kompeten, berkarakter dan memiliki komitmen kebangsaan. Sehingga diharapkan dapat menghasilkan individu-individu yang produktif, memberikan manfaat (maslahat), serta dapat bekerja dengan cepat, tepat, dan profesional.

    “Negara ini memerlukan pembinaan karakter, karena kita ingin hasil pendidikan kita itu memiliki kompetensi dan juga karakter yang baik, ahlak mulia dan memiliki komitmen kebangsaan,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menerima Ketua Umum Yayasan Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) beserta rombongan di Kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara Nomor 15, Jakarta, Selasa (21/01/2020).

    Untuk itu, atas nama Pemerintah, Wapres menyampaikan penghargaan kepada IIQ khususnya kepada para dosen dan pengajar atas upaya mereka menciptakan alumni-alumni yang telah berkontribusi di segala bidang.

    “Pemerintah mengucapkan terima kasih kepada IIQ telah memberikan sumbangannya dalam membangun sumber daya manusia. Pembangunan yang Qur’ani yang memahami Qur’an, menjadi hal yang sangat penting. Kita ingin budaya manusia Indonesia ini tidak hanya mampu, kecerdasan, produktif, tetapi juga berakhlak mulia,” ungkapnya.

    Sebelumnya, Ketua Umum Yayasan IIQ Rully Chairul Azwar menyampaikan paparan singkat tentang yayasan yang dipimpinnya. Ia menjelaskan bahwa IIQ adalah institusi pendidikan strata dua (S2) khusus perempuan yang menggabungkan sistem pendidikan pesantren dan sistem pendidikan tingkat tinggi dengan tujuan untuk menghasilkan ulama dan sarjana wanita yang hafal Alquran, intelek, berwawasan luas dan ahli di bidang Ulumul Quran.

    Senada dengan Rully, Rektor IIQ Huzaemah T. Yanggo mengatakan, IIQ secara konsisten memegang prinsip pengembangan kajian Alquran dan pemberdayaan perempuan.

    “Program kurikulum pembelajaran baik akademis maupun non akademis terus kami kawal dan kami kembangkan, sehingga IIQ berhasil mencetak kader-kader perempuan yang handal dan mumpuni di bidang Alquran, dengan prestasi-prestasi di tingkat nasional dan internasional di beberapa negara seperti di Yordania dan Malaysia,” ujarnya.

    Dalam kesempatan yang sama, Rully juga meminta kesediaan Wapres untuk menghadiri acara peresmian pembangunan gedung asrama yang telah direnovasi karena musibah kebakaran tahun 2018. Ia juga menyampaikan apresiasi IIQ atas dukungan keluarga besar K.H. Ma’ruf Amin, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta masyarakat dalam renovasi tersebut.

    “Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak K.H. Ma’ruf Amin atas bantuan keluarga besar terhadap musibah yang kami alami. Kami pun telah menganggap Bapak sebagai keluarga besar IIQ. Untuk itu dengan hormat kami mengundang Bapak dalam peresmian atas pembangunan gedung asrama pada awal Maret 2020 nanti,” tutup Rully.

    Selain Rektor IIQ, hadir bersama Ketua Umum Yayasan IIQ, Wakil Rektor I Nadjematul Faizah, Wakil Rektor II Dawud Arif Khan, dan Wakil Rektor III Romlah Widayati.

    Sementara Wapres didampingi Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar, Staf Khusus Wapres Masykuri Abdillah, dan Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Abdul Muis. 

    Berita Terkait

    Satuan Pendidikan di Zona Kuning, Oranye dan Merah Dilarang Lakukan Pembelajaran Tatap Muka

    Daerah yang berada di zona kuning, oranye, dan merah dilarang melakukan tatap muka di satuan pendidikan. Pernyataan tersebut disampaikan Men Selengkapnya

    Tetap Optimis Hadapi Covid-19 untuk Indonesia yang Lebih Sehat

    “Tidak boleh ada pesimisme. Tidak boleh putus asa. Dalam agama tidak boleh berputus asa harus terus optimis. Kita sebagai bangsa pejuang h Selengkapnya

    Tingkatkan SDM Berdaya Saing Global dengan Karakter dan Integritas

    Produktivitas tenaga kerja Indonesia belum menjadi yang terbaik di ASEAN. Berdasarkan data Asian Productivity Organization (APO) Databook 20 Selengkapnya

    Bangga Buatan Indonesia, Pemerintah Pacu Daya Saing Produk Industri

    Industri manufaktur merupakan salah satu sektor di tanah air yang terdampak pandemi Covid-19 saat ini. Selama ini, sektor industri menunjukk Selengkapnya