FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 01-2020

    471

    Indonesia - Jepang Jajaki Kerja Sama Pemberantasan Terorisme

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD (kiri) menyerahkan kompensasi secara simbolis kepada keluarga korban tindak pidana terorisme di Kemenkopolhukam, Jakarta, Jumat (13/12/2019). - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Moh. Mahfud MD mengatakan Indonesia akan menjajaki kerja sama pemberantasan terorisme serta deradikalisasi dengan pemerintah Jepang.

    “Jadi radikalisme itu kan sekarang jaringannya sudah internasional, misalnya soal FTF, Foreign Terrorist Fighter, itu banyak,” kata Menko Polhukam di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (10/01/2020).

    Menko Polhukam mengungkapkan bahwa pemerintah Jepang juga khawatir dengan perkembangan terorisme yang semakin canggih. Dikatakan, aksi terorisme sekarang telah melibatkan perempuan bahkan anak-anak. Lalu, pendanaan terorisme pun semakin mudah melalui transaksi digital.

    “Transefer uangnya sudah melalui HP, smart phone, jadi sudah digital transaksinya. Kalau dulu kan lewat bank, sekarang jret¬ begitu sudah sampai ke yang bersangkutan dan itu disamarkan,” kata Menko Mahfud.

    Selain terorisme, Menko Polhukam menyampaikan kerja sama dengan Jepang dilakukan di bidang kelautan. Selanjutnya akan diadakan semacam forum bersama yang rutin membahas tentang terorisme serta pengamanan kawasan. “Mungkin tahun 2020 ini akan segera dikonkretkan,” lanjutnya.

    Sebelumnya Menko Polhukam Moh. Mahfud MD didampingi Kepala BNPT Suhardi Alius bertemu dengan Kepala Badan Teroris Jepang, Fukumoto.

    Berita Terkait

    Apresiasi Langkah dan Dukungan MPR, DPR, dan DPD dalam Penanganan Krisis

    Tujuan besar berbangsa Indonesia hanya bisa dicapai melalui kerja sama seluruh komponen bangsa dengan gotong royong, saling membantu, dan sa Selengkapnya

    Pondok Pesantren Jadi Sentra Pengembangan Ekosistem Ekonomi dan Keuangan Syariah

    Pemerintah terus mendorong peningkatan inklusi keuangan syariah, sebagai bagian dari program inklusi keuangan bagi seluruh masyarakat Indone Selengkapnya

    Percepatan Serapan Stimulus Penanganan Covid-19

    Anggaran dengan jumlah sebesar Rp695 triliun harus dapat diserap dengan cepat untuk mengatasi penyebaran lebih lanjut dari pandemi beserta d Selengkapnya

    Negara G20 Sepakat Dorong Kerja Sama Pengembangan Vaksin dan Obat Covid-19

    Negara G20 sepakat untuk terus mendorong kerja sama dalam pengembangan vaksin dan obat-obatan yang mudah diakses dan terjangkau, serta mempe Selengkapnya