FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 01-2020

    1562

    Menkominfo: 99,8% Layanan BTS Kembali Berfungsi

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Kominfo Johnny saat menghadiri bakti sosial Kominfo dan mitra kerja di Masjid KH Hasyim Asy’ari Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (7/1/2020). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan layanan telekomunikasi seluler dan Base Transceiver Station (BTS) di daerah-daerah terdampak banjir sebagian besar telah kembali berfungsi normal.

    Menteri Johnny menyatakan, jumlah BTS di Jabodetabek berjumlah 22,867. Dari jumlah tersebut, sekitar 10,7 persen tidak berfungsi akibat banjir awal bulan Januari ini.

    “Kalau di bidang telekomunikasi, di awal hari bencana banjir tanggal 1 itu memang dari 22,867 BTS di Jabodetabek ini, 10,7% itu tidak berfungsi, karena power supply, listriknya yang tidak tersedia akibat banjir,” kata Menteri Kominfo Johnny saat menghadiri bakti sosial Kominfo dan mitra kerja di Masjid KH Hasyim Asy’ari Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (7/1/2020).

    PLN, kata Menteri Johnny, sengaja mematikan listrik pada saat banjir di daerah terdampak karena dikhawatirkan membahayakan masyarakat. Dampak dari pemadaman listrik tersebut, lanjut Menteri Kominfo, mengakibatkan beberapa layanan BTS menjadi sedikit terganggu. Namun demikian, perusahaan seluler baik dari pemerintah maupun swasta mengambil langkah cepat.

    “Perusahaan seluler, baik perusahaan seluler pemerintah yang berhubungan dengan BUMN maupun yang pihak swasta, mengambil langkah cepat dengan menyediakan mobile genset. Akan tetapi tetap juga itu belum bisa membantu banyak, karena memang ada daerah yang BTS-nya terendam dan ada di wilayah yang arus banjirnya cukup kencang,” terangnya.

    Setelah mendapatkan laporan terbaru pada hari ini, Selasa (07/01/2020), Menteri Kominfo Johnny memaparkan 99,8 persen BTS telah berfungsi secara normal sehingga layanan akses telekomunikasi kembali digunakan masyarakat.  

    “Pagi tadi saya dilaporkan bahwa BTS yang sudah berfungsi itu sebanyak 99,8%, yang belum berfungsi tinggal 0,2% atau hanya 46 BTS dari 22,867 BTS yang ada,” tandasnya **

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Capai 92 Persen, Kominfo Targetkan BBPPT Berkelas Dunia

    Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo Ismail menegaskan pembangunan akan rampung tahun ini dan menargetkan mendapat predikat World Class Testing Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA