FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 01-2020

    469

    Dampak Bencana Banjir Jabodetabek terhadap Infrastruktur dan Layanan Telekomunikasi

    SIARAN PERS NO.01/HM/KOMINFO/01/2020
    Kategori Siaran Pers
    Warga melakukan pengisian daya untuk telepon genggamnya saat banjir melanda di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (2/1/2020). Warga korban banjir harus membayar Rp5000 untuk dapat mengisi daya listrik gadget mereka hingga terisi penuh. - (antarafoto)

    Siaran Pers No.01/HM/KOMINFO/01/2020

    Kamis, 2 Januari 2020

    Tentang 

    Dampak Bencana Banjir Jabodetabek terhadap Infrastruktur dan Layanan Telekomunikasi

     

    Bencana banjir di Jabodetabek yang terjadi hari Rabu (01/01/2020) menyebabkan beberapa BTS seluler mengalami gangguan dikarenakan pemutusan aliran listrik oleh PLN berdasarkan faktor keamanan dan keselamatan.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan sampai hari Rabu (1/1/2020) malam secara keseluruhan masyarakat/pelanggan masih bisa menggunakan layanan seluler untuk berkomunikasi meskipun beberapa BTS mati karena BTS tersebut memiliki backup power dan operator mengerahkan mobile backup power atau genset portable. 

    Pada hari Kamis (02/01/2020) pagi, layanan telekomunikasi kembali terganggu karena back up power tersebut hanya bertahan beberapa jam saja dan operator seluler mengalami kendala untuk mengakses lokasi-lokasi yang BTSnya down karena masih ada beberapa kawasan banjir.

    Kementerian Komunikasi dan Informatika akan terus melakukan monitoring terhadap jaringan telekomunikasi dan meminta operator seluler untuk mengerahkan segala upaya untuk melakukan pemulihan terhadap BTS yang masih down dengan menggunakan genset sehingga dapat berfungsi kembali secara normal meskipun PLN masih memutuskan jaringan listrik dikarenakan kondisi masih belum aman.

     

    Ferdinandus Setu
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

     

    Lampiran

    Laporan Operator tentang Kondisi Infrastruktur dan Layanan Telekomunikasi

     

    Penyelenggara Telekomunikasi

     

    Kondisi Infrastruktur dan Layanan Terdampak Banjir

     

    Upaya Perbaikan

      

    PT. Telkomsel

    Network Telkomsel masih bisa melayani pelanggan di wilayah Jabodetabek, adapun beberapa site down yang tersebar di wilayah jabodetabek akibat tidak tersedianya supply power yang dikarenakan pemadaman dari PLN.

    Saat ini tim network Telkomsel masih berupaya dan fokus untuk recovery site2 yang down dengan mendistribusikan mobile backup power (MBP) agar bisa segera service kembali.

    PT XL Axiata Tbk

    Secara keseluruhan jaringan XL Axiata masih aman dan pelanggan masih bisa menggunakan layanan XL Axiata, meskipun ada beberapa BTS yang terdampak karena padamnya supply listrik di area-area banjir di Jakarta tsb.

    Saat ini team teknis di lapangan masih berupaya untuk melakukan upaya penyediaan supply listrik melalui genset untuk memastikan beberapa BTS yang terdampak tersebut bisa tetap beroperasi.

     

    PT. Indosat, Tbk

    Status Jaringan Indosat masih dapat memberikan layanan kepelanggan. Beberapa site mati dikarenakan tidak adanya aliran listrik dari PLN.

     

    Saat ini tim Indosat masih terus memantau dan melakukan upaya untuk up site dengan menggunakan genset portable. Kendala saat ini akses ke site yang masih tertutup karena banjir

     

    PT Hutchison 3 Indonesia

      

    Jaringan H3I secara keseluruhan masih aman dan masih dapat memberikan layanan yang baik kepada pelanggan. Terdapat beberapa site yang mati akibat pemadaman listrik PLN

     

    Antisipasi tim operation untuk mobilisasi portable genset

      

    PT. Smartfren Telecom

      

    Terkait dengan bencana banjir yang melanda Jakarta, jaringan Smartfren masih aman meskipun beberapa site terkendala masalah pada Rabu pagi namun karena semua site sudah dilengkapi baterai sebagai power supply cadangan sehingga tidak begitu berpengaruh terhadap kualitas layanan.

    Saat ini, pada hari Rabu malam, kondisi site Smartfren yang down tersebut sudah on services kembali.

    • Mengerahkan tim teknis dan pemantauan sejak Rabu dini hari dan tetap di siagakan untuk antisipasi situasi dan kondisi kedepan. 

    • Melakukan upaya backup menggunakan genset 

    •  

     

    PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia

      

    Jaringan net1 saat ini aman

     

    Mengerahkan genset di site yang PLN nya mati.

     


    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 49/HM/KOMINFO/03/2020 tentang Penjelasan Menkominfo mengenai Aplikasi Nasional Tracing, Tracking dan Fencing Covid-19

    Kementerian Kominfo dan Kementerian BUMN saat ini telah mengembangkan aplikasi untuk tracing, tracking dan fencing untuk menanggulangi dan m Selengkapnya

    Siaran Pers No. 48/HM/KOMINFO/03/2020 tentang Menkominfo Keluarkan Keputusan terkait Tracing dan Tracking Covid-19

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan kebijakan Kementerian Kominfo berkaitan dengan penanganan Covid-19 melalui K Selengkapnya

    Siaran Pers No. 47/HM/KOMINFO/03/2020 tentang Dukungan Platform Digital untuk Social Distancing

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan dukungan industri digital dalam membantu Pemerintah mengatasi permasalahan-p Selengkapnya

    Siaran Pers No. 46/HM/KOMINFO/03/2020 tentang Dukungan Layanan Prima Telekomunikasi dan Penyiaran untuk Atasi Covid-19

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan beberapa langkah kebijakan dan kegiatan dalam rangka memberikan dukungan layanan prima t Selengkapnya