FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 12-2019

    2584

    Saat Presiden Mencontohkan Persahabatan Gus Dur dan Romo Mangun

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Bogor, Kominfo - Presiden Joko Widodo mengingatkan, persahabatan sejati sudah lama menjadi roh bangsa Indonesia selama ratusan tahun nenek moyang hidup bersama, damai, harmonis dalam persahabatan, dalam persaudaraan yang tulus, yang sejati tanpa membeda-bedakan agama, suku, dan ras. “Nilai-nilai persaudaraan inilah yang mengikat keindonesiaan kita di masa lalu, di saat ini, maupun di masa yang akan datang,” kata Presiden saat memberikan sambutan pada Perayaan Natal Nasional Tahun 2019, di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/12/2019) malam.

    Dengan hidup sebagai satu saudara, satu sahabat, menurut Kepala Negara, semua akan sigap mengulurkan tangan jika saudara-saudaranya dalam kesusahan. Dengan hidup sebagai satu saudara, satu sahabat, sambung Presiden, membuat selalu mudah menyodorkan solidaritas ketika saudara kita memerlukan bantuan. Dengan hidup sebagai satu saudara, satu sahabat, tambah Presiden, membuat tidak ragu untuk saling mengingatkan.

    Dengan hidup sebagai satu saudara dan satu sahabat, lanjut Kepala Negara, juga tidak pernah sulit kita semuanya untuk bergandengan dengan bergotong-royong berkolaborasi untuk mencapai tujuan besar bangsa kita, Indonesia. Presiden menunjuk contoh keteladanan yang diberikan tokoh-tokoh bangsa Indonesia tentang indahnya, berharganya persahabatan dan persaudaraan, sebagaimana dilakukan oleh pendiri Masyumi, tokoh Islam terkemuka Mohammad Natsir yang bersahabat dengan Ignatius Jonathan Kasimo sebagai seorang tokoh Katolik.

    “Ketika Hari Raya Natal, Bapak Natsir selalu berkunjung ke rumah Bapak I. J. Kasimo. Sebaliknya, pada saat Idulfitri, Bapak I. J. Kasimo juga datang berkunjung ke rumah Bapak Natsir,” ungkap Presiden seraya menambahkan, inilah teladan indahnya persahabatan di antara dua tokoh bangsa.

    Demikian juga dengan cerita keakraban Gus Dur (KH. Abdurrahman Wahid) dengan Romo Mangun (YB. Mangunwijaya), menurut Presiden, juga bisa menjadi inspirasi bagi semuanya bagaimana Pancasila diwujudkan dalam persahabatan yang nyata.

    “Mereka tidak mempersoalkan perbedaan. Mereka berbeda agama tetapi tetap bersahabat seperti bersaudara,” tutur Kepala Negara.

    Namun, Kepala Negara juga mengingatkan bahwa dalam perjalanan sejarah semua juga sering diuji apakah mampu menjaga kebersamaan di antara sesama, apakah mampu merawat persaudaraan dan persahabatan di antara anak bangsa. Dan pada momen-momen tertentu, tambah Presiden, ada saja yang mencoba-coba mengganggu kedamaian hubungan antarsuku, antaragama, menggoyang-goyang keharmonisan hubungan semuanya, atau bahkan menebar kebencian dan intoleransi dalam kebersamaan.

    “Tapi saya yakin, saya meyakini dengan semangat persaudaraan dan persahabatan yang sangat kuat, kita akan selalu mampu menghadapi semuanya. Saya memiliki keyakinan itu,” tegas Kepala Negara.

    Perayaan Natal Nasional 2019 yang mengambil tema “Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang” itu dihadiri oleh Presiden ke-5 RI Megawati Soekarno Putri, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, Menko PMK Muhadjir Effendy, Mensesneg Pratikno, Menag Jenderal (Purn) Fahrul Razi, Mensos Juliari P. Batubara selaku Ketua Panitia, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menkop UKM Teten Masduki, Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang, Menkumham Yasonna H. Laoly, Menkominfo Jhonny G. Plate, Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Aziz, dan Wamen Desa PDTT Budiari.

    Sumber 

    Berita Terkait

    Wapres: Optimalkan Program Percepatan Penurunan Stunting!

    Wapres mengingatkan bahwa target tahun ini akan dapat dicapai apabila semua pihak lebih bersungguh-sungguh menjalankan program penurunan stu Selengkapnya

    Pemerintah Siapkan Desa Wisata Topang Pembangunan di IKN

    Sektor pariwisata di IKN mempunya prospek cerah untuk terus berkembang karena turut ditopang oleh daerah-daerah sekitar yang telah mapan sep Selengkapnya

    Presiden Targetkan Pembangunan IKN Jadi Model Transformasi Bekerja dan Percepat Lahan Investasi

    Menyikapi percepatan lahan untuk investasi, Presiden memberikan arahan untuk memperjelas dan mempercepat status lahan, terutama dalam pembeb Selengkapnya

    Pimpin SKP, Presiden Tekankan Kesiapan Ramadan dan Penyusunan RAPBN 2025

    Presiden menginstruksikan seluruh kementerian dan lembaga terkait untuk memastikan masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan tenang dan khu Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA