FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 12-2019

    325

    Keberhasilan IoT Bergantung Kerjasama Produsen Global dan Lokal

    Kategori Berita Kementerian | mth

    Jakarta, Kominfo – Keberhasilan implementasi Internet of Things (IoT), sangat bergantung pada bagaimana produsen global dapat merangkul pemain lokal. Hal ini menjadi peluang bagi produsen dalam negeri.

    “Solusi kekhususan dan lokal lebih dipilih. Jadi penerapan IoT yang sukses itu adalah bagaimana pemain besar dapat bergabung dengan pemain lokal,” kata Direktur Jenderal Sumber Daya dan perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail, saat memberikan sambutan 1st Anniversary Indonesia IoT Association (AIOTI), di GoWork FX Sudirman Jakarta, Jumat (20/12/2019).

    Industri dan asosiasi yang sudah ahli di bidangnya harus cepat dan dapat membuat model sederhana dan user friendly. Kehadiran IoT secara tepat dipastikan dapat mengurangi biaya operasional semua lembaga dan pemerintahan.

    Isu berikutnya adalah bagaimana memonetisasi IoT menjadi keuntungan. Sebab, berdasarkan survey GSMA, masih ada 45% responden melihat biaya implementasi sebagai kendala dan 22% lainnya menyebut pengembalian dari investasi atau return on investment (RoI) tidak jelas.

    “Ini persoalan yang paling penting, bahwa meyakinkan industri bahwa menerapkan IoT benar-benar bisa membantu mengurangi cost, kalau perlu menambah revenue,” papar Ismail.

    Kementerian Kominfo, menurut Dirjen SDPPI, akan terus mendukung asosiasi industri agar IoT diimplementasikan secara tepat sasaran.

    Turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan AIOTI antara lain Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumaidi dan CTO Cubeacon Riza Alaudin Syah. Materi yang dibahas adalah Tegal Innovation for Society dan Cubeacon Real Time ‘in Perimeter’ Location System.

    Sedangkan kehadiran Dirjen SDPPI didampingi oleh Kasubdit Standar Telekomunikasi Radio Indra Utama dan Kasubdit Standardisasi Teknologi Informasi Andi Faisa Achmad.

    Berita Terkait

    Kominfo Ajak Pelaku UMKM Semarang Rebut Peluang Global

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak pelaku pasar digital di Kota Semarang, Jawa Tengah merebut peluang pasar global. Direktur Je Selengkapnya

    Kementerian Kominfo Dorong PSE Dukung Pengembangan UMKM Go Online

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong perusahaan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dan over the top (OTT) untuk mendukung pen Selengkapnya

    Menkominfo: Ekonomi Stabil, Tantangan Global Luar Biasa

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebut setidaknya dalam lima tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih stabil Selengkapnya

    Kampanyekan Gerakan Nasional Indonesia Bersih, Kominfo Gandeng Kagama DKI Jakarta

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mengampanyekan Gerakan Nasional Indonesia Bersih dalam acara Temu Kangen Kagama DKI Jakarta 2019: Sin Selengkapnya