FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 12-2019

    381

    Sekjen Kemkominfo RI Buka Diskusi Bijak Bermedsos di Toraja Utara

    Kategori Sorotan Media | meit001

    TRIBUNTORAJA.COM, KESU - Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) RI melaksanakan forum diskusi di Aula Hotel Misiliana Kecamatan Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Sulsel, Jumat (13/12/2019) sore.

    Kegiatan tersebut dicanangkan Direktorat Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo RI dengan tema forum diskusi yaitu Bijak Bermedsos 'Jaga Keutuhan Bangsa'.

    Dibuka langsung Sekertaris Jenderal (Sekjen) Kemkominfo RI, Rosita Niken Widiastuti.

    Kata Rosita saat membawakan sambutan mengatakan, Indonesia memiliki etnis, ratusan bahasa daerah sehingga patut disyukuri komunikasi dengan orang lain yang memiliki bahasa persatuan.

    "Dengan adanya internet kita mudah mengirim informasi di berbagai aplikasi, sehingga mudah terdistribusi yang terpikirkan dan tidak butuh waktu lama," ucapnya.

    Dijelaskan Rosita, Kemkominfo RI bisa akses internet di berbagai daerah dan telah membangun palaparing sehingga kabupaten/kota mudah tercover dengan internet.

    Menurutnya, adanya media sosial (Medsos) banyak hal positif bisa digunakan komunikasi dan berinteraksi sesama masyarakat, yang tidak hanya informasi dan interaksi tapi juga bisa dimanfaatkan untuk hal produktif.

    "Saya ketahui Toraja ini punya keunggulan dan banyak tempat wisata, melalui medsos keunggulan dan keunikan budaya Toraja bisa diaplikasikan juga," tambah Rosita.

    Lanjut Rosita, para narasumber diskusi akan menyampaikan bagaimana bijak bermedia sosial, contoh untuk promosi pariwisata dan budaya Toraja yang unik dan tidak dimiliki daerah lain.

    "Kekuatan medsos bisa dimanfaatkan promosikan pariwisata Toraja, pelayanan dan program pemerintah pusat dapat diketahui dengan memanfaatkan medsos secara bijak untuk sampaikan kabar baik," ungkapnya.

    Sekjen Kemkominfo RI, Rosita Niken Widiastuti juga menyampaikan di tahun politik banyak konten yang dimanfaatkan negatif para oknum tertentu dan melakukan berita hoaks, ujaran kebencian, fitnah dan profokasi yang kemudian diviralkan.

    Sehingga banyak memicu konflik hingga ada korban jiwa dan dapat memecah belah bangsa hingga SARA.

    "Disinilah peran Kemkominfo tidak berhenti melakukan literasi media sosial, IKP kerjasama dengan lembaga keagamaan hingga komunitas kreatif membantu memberikan pendidikan atau literasi dan edukasi menggunakan medsos dengan baik dan benar.

    "Pentingnya literasi di berbagai daerah kita kerjasama dengan pemda Toraja Utara," tutup Rosita.

    Kegiatan turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Toraja Utara, Rede Roni Bare, Kepala OPD dan SKPD serta tamu undangan sebagai peserta forum diskusi.

    Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo RI, Ismail Cawidu dan Pemerhati Sosial Budaya Toraja, Aloysius Lande sebagai narasumber diskusi dan dilakukan sesi tanya jawab yang berhadiah doorprize.

    Sekjen Rosita Niken Widiastuti diterima Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan didampingi Kadis Kominfo SP Toraja Utara, Fitra di Bandara Bua, Kota Palopo.

     

    Sumber: tribunnews.com

    Berita Terkait

    Kominfo Buka 60 Ribu Kursi Beasiswa Digital Talent 2020

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali membuka program beasiswa Digital Talent Scholarship (DTS) 2020. Program yang dibuka Selengkapnya

    Kominfo Gelar Kontes Ayo Bikin Game di Rumah Aja

    Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama Asosiasi Game Indonesia, Clevio Coder Camp, dan Garena menggelar ajang cipta game "Ayo B Selengkapnya

    Perangi Hoaks, Kemenkominfo Galakkan Literasi Medsos

    REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Proses literasi media sosial perlu dilakukan ke seluruh lapisan masyarakat, baik itu pelajar dan mahasiswa maupun Selengkapnya

    Menkominfo Pastikan Regulasi IMEI Berlaku 18 April

    Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah berdiskusi dengan kementerian terkait dan operator seluler untuk memastikan regulasi mengenai I Selengkapnya