FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 12-2019

    1994

    Kominfo Targetkan Peningkatan Komunikasi Publik Hingga ke Desa

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf
    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Widodo Muktiyo, saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Urusan Informasi dan Komunikasi Publik Tingkat Provinsi, di Jakarta, Jumat (06/12/2019). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika berharap dinas kominfo di tingkat pemerintah kabupaten dan kota dapat meningkatkan fungsi komunikasi kepada publik. Bahkan secara khusus, Menteri Kominfo mengharapkan komunikasi itu berlangsung sampai ke pelosok desa. 

    "Tentu peran pemerintah provinsi dan kabupaten/kota akan sangat penting, sehingga informasi ini bisa dipahami sampai ke pelosok desa," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Widodo Muktiyo, saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Urusan Informasi dan Komunikasi Publik Tingkat Provinsi, di Jakarta, Jumat (06/12/2019).

    Mewakili Menteri Kominfo Johnny G. Plate, Dirjen Widodo menegaskan Kominfo harus kreatif dan inovatif dalam penyebaran informasi. Termasuk dalam  menerapkan strategi penguatan yang seimbang antara informatika dan komunikasi dengan media yang terbuka luas. "Sehingga informasi dan publikasi itu mampu menembus masyarakat desa serta dusun yang tidak mendapatkan akses informasi di seluruh pelosok tanah air," tandasnya.

    Di hadapan kepala Dinas Kominfo dari seluruh provinsi yang hadir, Dirjen IKP menegaskan fungsi kementerian dalam bidang komunikasi akan diperkuat.  hal itu sesuai dengan arahan dari Menteri Johnny G. Plate ketika baru menjabat pada Oktober lalu. “Strategi kedepan juga dititik beratkan pada upaya preventif dalam informasi dan komunikasi serta implikasi kerjanya harus digenjot," jelasnya ketika membacakan sambutan tertulis Menteri Kominfo.

    Dirjen Widodo menekankan, fungsi Dinas Kominfo mirip dengan tugas Kementerian di tingkat pusat, yaitu melakukan konsolidasi lembaga. "Jika di tingkat pusat Kominfo memiliki fungsi konsolidasi semua Kementerian, maka Dinas Kominfo bertugas melaksanakan konsolidasi semua dinas di daerah," jelasnya.

    Pertemuan yang berlangsung selama sehari itu membahas sinergi program kerja pusat dengan daerah.  Hadir dalam acara itu, Direktur di lingkungan Dijen IKP Kominfo anatara lain Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Direktur Informasi dan Komunikasi Polhukam, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, serta pejabat kehumasan dari berbagai daerah di Indonesia. (hm.ys)

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA