FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 11-2019

    2579

    Kominfo Siapkan SDM ASN Pengelola Komputasi Awan

    Kategori Berita Kominfo | anni005
    Sebanyak 70 (tujuh puluh) orang peserta dari instansi Kementerian, Lembaga Pemerintahan Pusat, Kantor Dinas dan Lembaga Pemerintahan Daerah mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sertifikasi Bidang Cloud Computing bagi ASN yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Sertifikasi Balitbang SDM Kementerian Kominfo selama 4 hari (26 s.d 29 November 2019) di Serpong.

    Serpong, Kominfo - Dalam era revolusi industri 4.0, penyelenggaraan konsep e-government semakin gencar diterapkan dalam sistem pemerintahan. Untuk itu, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa beradaptasi dengan cepat agar pengelolaan konsep e-government berjalan baik.

    “Instansi tempat kita bekerja mungkin menyimpan banyak data-data atau informasi yang sifatnya sensitif sehingga pengelola Cloud kami harapkan berasal dari kalangan ASN sendiri bukan pihak ketiga, sehingga resiko kebocoran informasi dapat diminimalisir,” ujar Kepala Pusat Pengembangan dan Sertifikasi, Hedi M. Idris dalam laporannya saat acara pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sertifikasi Bidang Cloud Computing bagi ASN, Serpong, Selasa (26/11/2019).

    Dalam arahannya, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo Basuki Yusuf Iskandar mengatakan bahwa pengelolaan data yang beragam ini harus dilakukan sendiri, bukan melalui pihak ketiga. “Menjadi ironis, kalau nanti Cloud Computing milik Negara sudah ada tapi yang mengelola pihak ketiga. Karena itu dengan Bimtek ini bisa menjadi bekal Anda sekalian bisa mengelola Cloud Computing di instansinya masing masing,” kata Basuki saat membuka kegiatan Bimtek dan Sertifikasi bidang Cloud Computing bagi ASN di Serpong (26/11).

    Selain itu, alasan dari penggunaan teknologi komputasi awan ini juga bisa menghemat biaya infrastruktur teknologi yang mungkin selama ini masih menjadi beban anggaran setiap instansi pemerintahan yang cukup tinggi. “Cloud Computing ini merupakan salah satu bisnis yang paling laku diadopsi di era Revolusi Industri 4.0 ini, dan bagi Indonesia yang kondisi geografisnya banyak memakan biaya infrastruktur fisik, dengan teknologi ini biaya infrastruktur fisiknya bisa ditekan,” tambah Basuki.

    Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sertifikasi Bidang Cloud Computing Bagi ASN diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Sertifikasi Balitbang SDM Kominfo selama 4 hari (26 s.d 29 November 2019) dan diikuti sebanyak 70 (tujuh puluh) orang peserta dari instansi Kementerian, Lembaga Pemerintahan Pusat, Kantor Dinas dan Lembaga Pemerintahan Daerah. Selama 3 hari pelatihan, peserta akan dibimbing oleh tim instruktur dari Universitas Gunadarma. Setelah itu selama 1 hari, seluruh peserta akan mengikuti uji sertifikasi SKKNI yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Informatika. Dalam pembukaan kegiatan ini, turut hadir Dewan Pembina Asosiasi Cloud Computing Indonesia Prof. Eko K. Budiardjo yang juga menyampaikan paparan mengenai peluang dan tantangan pengembangan SDM bidang Cloud Computing.

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    Kontak Ponsel PLN Kota Depok? Awas Hoaks!

    PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat melalui akun Twitter resminya @pln_jabar, mengklarifikasi bahwa nomor pada Google Maps Kantor PLN Kota Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA