FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 11-2019

    1100

    Ingin Semenanjung Korea Damai, Presiden: Penting, Bagi ASEAN Terus Kirim Pesan Perdamaian Kepada Korut

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Busan, Kominfo - Presiden Joko Widodo mengemukakan, Asia Tenggara dan Asia Timur saat ini merupakan dua kekuatan ekonomi yang cukup besar. Menurutnya, jika keduanya bersinergi maka akan terbangun kekuatan ekonomi yang semakin besar. 

    "Tentunya memerlukan jaminan keamanan dan stabilitas. Terkait dengan masalah ini, maka perlu memperhatikan situasi di Semenanjung Korea. Indonesia ingin melihat Semenanjung Korea yang damai dan stabil,” kata Presiden dalam Leaders’ Retreat Luncheon di APEC Nurimaru House, Busan, Selasa (26/11/2019).

    Sebagaimana dinyatakan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi kepada wartawan di Lotte Hotel, Busan, Selasa (26/11/2019) malam, Presiden memberikan dukungan bagi upaya yang sudah dilakukan oleh Presiden Moon untuk terus melakukan engagement dengan Korea Utara.

    “Presiden mengatakan penting juga bagi kita ASEAN untuk terus mengirimkan pesan perdamaian yang sama kepada Korea Utara (Korut),” jelas Menlu.

    Selain itu, Presiden mengatakan mengenai pentingnya denuklirisasi karena tanpa denuklirisasi maka tidak akan mungkin terwujud perdamaian dan stabilitas di kawasan Semenanjung Korea.

    Sebagai penutup, lanjut Menlu, Presiden mengatakan bahwa kalau kita bicara mengenai perdamaian maka perdamaian itu tidak cukup, tidak adanya perang. Tetapi perdamaian positif yang lebih baik adalah apabila perdamaian itu disertai dengan pemberdayaan, pembangunan, perlindungan, inklusivitas yang pada akhirnya akan lebih bermanfaat, dan akan dapat menopang perdamaian itu sendiri secara sustainable.

    “Nah, kalau kita semua dapat bersungguh-sungguh terus membangun strategic trust juga strategic confidence maka insyaallah perdamaian yang positif ini dapat tercapai secara sustainable,” kata Menlu mengutip Presiden.

    Sebelum menghadiri jamuan makan siang, sebelumnya Presiden dan Presiden Korea serta pemimpin negara ASEAN, menghadiri ASEAN-RoK Startup Summit dan ASEAN-RoK Innovation Showcase di Busan Exhibition and Convention Center (BEXCO).

    Berita Terkait

    Presiden Ajak ASEAN dan Australia Perkuat Kemitraan di Usia Emas 50 Tahun

    ASEAN dan Australia berbagi tanggung jawab bersama untuk menjaga stabilitas, perdamaian, dan kemakmuran di kawasan tersebut. Selengkapnya

    Bertemu Presiden Singapura, Wapres Ajak Pererat Kerja Sama Kedua Negara

    Sebagai negara sahabat yang erat hubungannya dengan Indonesia, Wapres mengajak mantan Wakil Perdana Menteri Singapura ini untuk mengunjungi Selengkapnya

    Buka Vokasifest, Presiden: Pendidikan untuk Kebutuhan Masa Kini dan Masa Depan

    Presiden mendorong dunia pendidikan untuk terus berinovasi serta mengembangkan talenta-talenta muda Indonesia. Selengkapnya

    Buka R20 ISORA, Presiden Tekankan Peran Tokoh Agama dan Masyarakat Ciptakan Perdamaian Dunia

    Presiden menuturkan bahwa Indonesia secara tegas meyakini kemerdekaan merupakan hak segala bangsa. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA