FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 11-2019

    2156

    Kominfo Siapkan Pengendali Frekuensi Radio Terampil

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Bogor, Kominfo -  Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan sejumlah pejabat fungsional untuk menjadi pengendali frekuensi radio yang terampil.

    Pelatihan Pembentukan Pengendali Frekuensi Radio ini diikuti 23 CPNS Ditjen SDPPI, sejak 16 November hingga 18 Desember 2019, di Wisma Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Cidokom Cisarua, Bogor.

    “Di sinilah kita akan mencetak generasi penerus monitoring pengendali frekuensi radio, insan monitoring terampil hingga ahli,” kata Untung Widodo, pejabat fungsional pengendali madya yang menjadi salah satu pengajar.

    Pelatihan, yang bekerja sama dengan Pusat Pelatihan dan Pendidikan (Pusdiklat) Kemkominfo itu, meliputi pembelajaran, ujian, hingga praktik. Ada lima tahap bahasan, yakni Observasi Spektrum Frekuensi, Identifikasi Sinyal, Pengukuran Frekuensi Radio, Deteksi Sumber Pancaran, Analisa dan Evaluasi Hasil Monitoring. Setiap tahap mempunyai tingkatan dari level 1 hingga 5.

    Ratna Endang Sari, peserta dari Balai Monitoring Kelas II Lampung, berharap kegiatan ini dapat diadakan secara bertahap. “Harapannya mudah-mudahan kegiatan ini bisa dilakukan secara bertahap, mungkin di tahun yang akan datang bisa diadakan lanjutan dari tahap sekarang dimana tahap ini kami diajarkan pada level 1 sampai 4,” katanya.

    Ia juga berharap nanti ketika kembali ke UPT masing-masing, mereka dapat mengembangkan ilmu sesuai dengan pekerjaan dalam langkah pengukuran spektrum frekuensi radio.

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    Kominfo Akan Wajibkan Publisher Gim di Indonesia Berbadan Hukum

    Kementerian Kominfo dipastikan tidak membentuk badan rating ini sendiri, namun menyerahkannya ke pihak ketiga agar bisa menjadi lembaga inde Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA