FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 11-2019

    2902

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik 2019

    Kategori Berita Kominfo | adhi004
    Didampingi Menteri Kominfo Jhonny G. Plate dan Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana, Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin memberikan penghargaan kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti dalam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2019 di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (21/11/2019). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapatkan penghargaan sebagai Badan Publik dengan kualifikasi Informatif. Didampingi Menteri Kominfo Jhonny G. Plate dan Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana, Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin memberikan penghargaan kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti.  

    Wapres Ma'ruf Amin mengucapkan selamat kepada badan publik yang telah berhasil mendapatkan penghargaan dengan memenuhi kualifikasi Cukup Informatif, Menuju Informatif, dan Informatif. Dalam sambutan, Wapres juga mengingatkan arti penting keterbukaan dan transparansi bagi badan publik untuk mendukung visi pemerintah. 

    "Memberikan informasi kepada publik adalah sebuah kewajiban dari badan publik. Keterbukaan dan transparansi bagi badan publik untuk mendukung visi pemerintah dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, dan terpercaya," ungkapnya dalam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2019 di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (21/11/2019).


    Sekjen Kominfo berfoto bersama Kepala Biro Keuangan Kominfo usai menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (21/11/2019). (AYH)

     

    Selain itu, Wapres mengharapkan agar badan publik juga meningkatkan kualitas konten informasi yang disajikan kepada masyarakat. "Saya minta agar badan publik tidak sekadar memberikan akses informasi saja, namun juga meningkatkan kualitas konten yang disampaikan kepada masyarakat. Tantangan ke depan tidak terbatas pada akses informasi, namun pada konten informasi yang harus ditingkatkan kualitasnya," tegasnya.

    Menurut Wapres Ma'ruf Amin, keakuratan informasi yang diberikan merupakan hal yang penting karena badan publik harus menjadi rujukan utama bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi. "Badan publik juga tanggap dalam menerima aspirasi dari masyarakat sehingga tidak hanya memberikan informasi secara satu arah," tambahnya.

    Wapres mengungkap pengakuan dunia internasional atas prestasi Indonesia dalam menciptakan pemerintahan yang terbuka. Salah satunya Indonesia dipercaya menjadi Steering Committee dalam Forum Open Government Partnership (OGP) periode 2019-2022.

    "Sebuah kepercayaan sekaligus menjadi penghargaan dunia atas partisipasi Indonesia dalam menciptakan praktik-praktik pemerintahan yang dilandasi keterbukaan, transparansi, dan partisipasi publik," jelasnya.

    Ke depan, Wapres Ma'ruf Amin berharap agar Komisi Informasi yang bertugas melaksanakan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik dapat bekerja dengan cerdas dan inovatif untuk meningkatkan kepatuhan badan publik dalam keterbukaan informasi.


    Wapres berfoto bersama Menkominfo, Ketua KIP, dan para komisioner KIP di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (21/11/2019). (AYH)


    6 Kategori Anugerah

    Bersama dengan 10 perwakilan kementerian lain, Kementerian Kominfo memperoleh kualifikasi Informatif pada Kategori Badan Publik Kementerian. Kualifikasi itu diberikan berdasarkan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2019.  

    Selain diberikan kepada Badan Publik Kementerian, penghargaan juga diberikan kepada 6 kategori lainnya, yaitu Kategori Badan Publik Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, Kategori Badan Publik Lembaga Non-Struktural, Kategori Badan Publik Pemerintah Provinsi, Kategori Badan Publik Badan Usaha Milik Negara, Kategori Badan Publik Perguruan Tinggi Negeri, dan Kategori Badan Publik Partai Politik.

    Acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2019 ini dihadiri pula oleh perwakilan kementerian, lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi negeri, BUMN, dan partai politik.

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA