FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 11-2019

    1415

    Berdampak Ekonomis, Pemerintah-DPR Sepakat RUU PDP Masuk Prolegnas 2020

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Kominfo Johnny G. Plate saat menghadiri acara peluncuran BANGKIT Google fir Indonesia 2019 di Jakarta, Rabu (20/11/2019). - (qq/siberkreasi)

    Jakarta, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan Komisi I DPR RI, sepakat memasukkan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2020. 

    Percepatan itu dinilai Menteri Kominfo penting karena memiliki dampak ekonomi. “DPR khususnya Komisi I bersama pemerintah sudah sepakati bahwa, RUU PDP itu menjadi prioritas Prolegnas 2020. Mudah-mudahan kita bisa selesaikan di tahun 2020,” kata Menteri Kominfo Johnny G. Plate usai menghadiri acara peluncuran BANGKIT Google fir Indonesia 2019 di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

    Menurut Menteri Johnny, pengaturan mengenai perlindungan data berkaitan dengan nilai ekonomi yang tinggi. “Terkait dengan data ini penting, karena nilai ekonominya tinggi. Kepentingan perlindungan data pribadi itu juga penting, jadi harus diatur dengan benar. Mudah-mudahan secara politik ini bisa dipercepat,” jelasnya. 

    Menteri Kominfo ingin kerjasama pemerintah dan DPR dalam mendorong RUU PDP ini, mendapat dukungan dan partisipasi dari para stakeholders atau mitra pemerintah terkait. 

    “Kita meminta dukungan sebagai bangsa untuk memastikan hak-hak ekonomi terhadap data segenap warga negara, pribadi-pribadi kita di Indonesia itu kita jaga bersama-sama, jangan sampai kita nanti gagal menjaga kepentingan data negara kita sendiri,” imbuhnya 

    Kementerian Kominfo, lanjut Menteri Johnny, segera memasukkan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi ke Komisi I tahun di tahun 2019. 

    “Kami berencana untuk memasukkan tahun ini, kalau bisa akhir tahun ini sudah masuk ke DPR,” tutur Johnny. **

    Berita Terkait

    [Berita Kominfo] Parade Busana Adat Kominfo Karnaval 2023

    Makin meriah dengan Lomba Busana Adat Selengkapnya

    Pejabat Humas Pemerintah Diimbau Tak Pamer di Medsos

    Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar lebih mengedepankan pelayanan kepada masyarakat. Selengkapnya

    [Berita Foto] Kominfo Latih Pemimpin Digital Sumatra Utara

    Kegiatan itu berlangsung selama dua hari pada tanggal 2 s.d. 3 Maret 2023 yang menghadirkan salah satu pembicara dari Universitas Cambridge, Selengkapnya

    [Berita Foto] Kominfo Gelar Pelantikan PNS Formasi PKN-STAN 2021

    Kepala Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo Imam Suwandi, memimpin Pengambilan sumpah itu. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA