FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 11-2019

    1692

    Menkominfo Tegaskan Kaitan Penting Pelindungan Data dan Big Data

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam Peluncuran Program Edukasi Google bernama "Bangkit" di Jakarta, Rabu (20/11/2019). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menegaskan perlindungan data amat penting bagi sebuah bangsa. Tak hanya menyangkut sisi keamanan dan ekonomi, melainkan banyak aspek. Menteri Johnny mengungkapkan bahwa melindungi informasi masyarakat, erat kaitannya dengan komitmen mewujudkan kedaulatan data di tengah dinamika teknologi saat ini.

    “Data itu tidak saja nilai ekonomi yang begitu tinggi, tapi yang penting juga yang terkait dengan kedaulatan suatu bangsa,” kata Menteri Johnny di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

    Menurut Menteri Kominfo, melalui big data dan artificial intelegence, setiap hal yang berkaitan dengan data bisa dianalisa. Oleh sebab itu, Indonesia dalam menghadapi dunia digital perlu menyiapkan semua itu.

    “Bangsa yang nanti maju di dunia digital, tentu yang harus mempunyai akses dan memiliki data yang kuat dan artificial intelligence yang memadai,” ujarnya. 

    Lebih lanjut, Menteri Johnny menegaskan, guna melindungi kedaulatan data, perlu sebuah regulasi yang secara spesifik mengatur perlindungan data. Terkait hal itu, pemerintah tengah menyiapkan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP).

    “Roadmap yang pasti dalam kedaulatan data itu dengan menghasilkan data center yang memadai di Indonesia, dan mempunyai reseach-reseach spesifik yang bisa menghasilkan melalui artificial intelligent-nya, menterjemahkan dalam kebijakan-kebijakan, baik kebijakan pemerintah maupun kebijakan korporat, itu yang perlu kita lakukan bersama-sama,” jelasnya. **

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA