FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 11-2019

    27056

    [DISINFORMASI] Keramas Saat Haid Dapat Menyebabkan Sakit Kepala

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan:
    Sebuah informasi kesehatan menyebutkan bahwa wanita yang sedang haid dilarang keramas dikarenakan saat haid pori-pori kepala sedang terbuka,  jika keramas, nantinya akan memicu timbulnya sakit kepala.
    Faktanya, informasi tersebut hanyalah mitos yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. dr. Sita Ayu Arumi, Sp.OG dari RS Bunda Jakarta menuturkan bahwa pori-pori di kulit kepala biasanya akan lebih terbuka ketika butuh penguapan. Misalnya, saat tubuh kepanasan dan berkeringat, maka pori-pori kulit kepala akan terbuka supaya bisa mengeluarkan keringat. Memang, pada beberapa wanita periode Pra Menstrual Syndrome (PMS) bisa memicu sakit kepala selain timbul keluhan lain seperti kram perut dan merasa tidak enak badan. Namun, pada kondisi ini, sakit kepala dipicu perubahan hormonal yang terjadi sebelum dan saat haid bukan karena keramas. Justru, ketika haid wanita disarankan untuk tetap memperhatikan kebersihan tubuhnya, termasuk kebersihan kepala dan rambut.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:
    https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3251626/kata-dokter-soal-anggapan-keramas-saat-haid-bisa-picu-sakit-kepala

    Berita Terkait

    [HOAKS] Serpihan Batu yang Berasal dari Ulekan Dapat Menyebabkan Batu Ginjal

    Selengkapnya

    [HOAKS] Proposal Surat Pencairan Dana Mengatasnamakan Otoritas Jasa Keuangan

    Selengkapnya

    [HOAKS] Vaksin Covid-19 Dapat Menyebabkan Penyakit Lambung pada Perempuan

    Selengkapnya

    [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Kejari Kabupaten Taliabu

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA