FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 11-2019

    4319

    [HOAKS] BMKG "Global warming 2019-2022", Jika Benar Tahun Ini Maka Dajjal Tidak Lama Lagi Akan Keluar

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan:

    Beredar sebuah video bertajuk kemarau panjang akan melanda dunia 2019-2022 dengan judul "BMKG "Global warming 2019 2022" , Jika Benar Tahun Ini Maka Dajjal Tidak Lama Lagi Akan Keluar".

    Faktanya, informasi yang disampaikan tidak benar, karena BMKG tidak memprediksikan kekeringan panjang bertahun-tahun, pun pada tahun 2020 tidak teridentifikasi akan terjadi el-nino kuat. Lembaga NOAA dan NASA (Amerika) serta JAMSTEC (Jepang) memprediksikan hasil yang serupa. El nino lemah tahun 2019 telah dinyatakan berakhir pada akhir Juli lalu dan kondisi netral masih berlanjut hingga akhir  tahun 2019. Hal tersebut menandai tahun 2020 nanti diperkirakan tidak ada potensi anomali iklim yang berdampak pada curah hujan di wilayah Indonesia. Curah hujan akan cenderung sama dengan pola iklim normal (klimatologisnya), dan saat ini di bulan November 2019, sebagian wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan. Selanjutnya musim kemarau umumnya akan dimulai pada bulan April - Mei hingga Oktober 2020. Sedangkan wilayah di  dekat ekuator, seperti Aceh, Sumatera Utara, dan Riau, musim kemarau pertama akan dimulai pada Februari - Maret 2020, sehingga tetap perlu diwaspadai untuk potensi kondisi kering yang dapat berdampak karhutla di awal tahun pada wilayah dekat ekuator tersebut. 

    Deputi Klimatologi BMKG, Drs. Herizal, M.Si memberi keterangan langsung kepada Kominfo bahwa terkait informasi kekeringan (kemarau) selama 3 tahun ke depan dalam video tersebut hanya dikaitkan dengan bukti tanda-tanda kedatangan Dajjal yang berdasar dari Hadist dan Al-Qur'an. Dalam video tersebut juga menyatakan sumber data kemarau panjang berasal dari BMKG, bahkan disebutkan berasal dari BMKG Eropa. Beliau menyatakan bahwa BMKG telah mengeluarkan prediksi musim hujan di tahun ini (2019 ) dan banyak daerah yang sudah memasuki musim hujan. Sampai saat ini BMKG juga belum mendeteksi adanya anomali iklim yang dapat menyebabkan kekeringan di tahun 2020 ataupun tahun 2021.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

    https://www.instagram.com/p/Bo6qkninxoH/?taken-by=infobmkg

    http://www.bmkg.go.id/press-release/?p=tahun-2020-tidak-ada-potensi-anomali-iklim&tag=press-release&lang=ID

    Berita Terkait

    [HOAKS] Kapal Bantuan Indonesia Tak Salurkan Bantuan ke Gaza

    Selengkapnya

    [HOAKS] Proposal Surat Pencairan Dana Mengatasnamakan Otoritas Jasa Keuangan

    Selengkapnya

    [HOAKS] Surat Edaran Bank Indonesia Tidak Melayani Penukaran Uang Baru

    Selengkapnya

    [HOAKS] Bantuan Dana Senilai Rp100 Juta Diberikan untuk Tenaga Kerja Indonesia Mengatasnamakan Kementerian Kesehatan

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA