FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 11-2019

    1252

    Menko Polhukam Ajak Masyarakat Bersikap Dewasa Hadapi Kasus Teror

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Bogor, Kominfo – Menanggapi teror bom bunuh diri di Medan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengajak masyarakat untuk bersikap dewasa. Dirinya mengatakan kalau pemerintah sudah mati-matian berusaha mencegah tindakan terorisme.

    “Pemerintah sudah melihat dengan baik, kalau tidak ya lebih banyak lagi (kasus teror). Saya bilang tadi, kuantitasnya berkurang. Dan kepada masyarakat juga jangan terlalu nyinyir kalau pemerintah bertindak lalu dikatakan melanggar HAM, kalau tidak bertindak dibilang kecolongan. Kita sama-sama dewasa menjaga negara ini,” kata Menko Polhukam kepada wartawan di Sentul, Bogor, Rabu (13/11/2019).

    Menko Mahfud menjelaskan bahwa ada 3 tingkatan ancaman radikalisme, yang pertama adalah menganggap orang lain musuh. Kedua, aksi teror seperti pengeboman, dan terakhir adalah adu wacana ideologi. “Ini (di Medan) sudah masuk yang kedua, teror, jihadis namanya kalau dalam bahasa yang populer. Itu harus ditindak,” jelasnya.

    Dijelaskan bahwa ada konferensi internasional tentang radikalisme dan terorisme di Australia lalu, Menko Polhukam telah menyampaikan kalau dilihat dari sudut kuantitatif, jumlah teror di Indonesia menurun. Hal ini karena pencegahan yang dilakukan sudah semakin baik.

    Namun, apabila masih ada satu atau dua kejadian teror, hal tersebut tidak bisa dihindari dan bukan karena kecolongan. Karenanya, Menko Mahfud menyampaikan kalau pelaku teror harus ditindak secara hukum.

    “Tidak (kecolongan), memang kalau teroris itu mau selalu nyolong. Nanti setelah (diisukan) kecolongan lalu dipolitisir lagi, dipelintir, pokoknya ditindak. Oleh karena itu jangan selalu menyudutkan aparat kalau mengambil tindakan, dikontrol saja secara proporsional, kan nanti ada proses hukum di pengadilan yang membuktikan aparat itu salah apa tidak,” kata Menko Mahfud.

    Berita Terkait

    Presiden Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal Jelang Lebaran

    Presiden menekankan bahwa pada tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik dengan total sekitar 190 juta orang atau menin Selengkapnya

    Pemerintah Matangkan Persiapan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H

    Selain aspek infrastruktur moda transportasi, sarana prasarana pelabuhan dan jalan, pemerintah juga menyediakan sarana prasarana kesehatan d Selengkapnya

    Presiden Sapa Masyarakat dan Pedagang di Pasar Melonguane Talaud

    Presiden pun kemudian berkeliling di area pasar seraya menyapa para pedagang sekaligus mengecek harga sejumlah kebutuhan pokok. Selengkapnya

    Presiden Ajak Umat Kristiani Perkuat Semangat Bersikap Moderat dalam Beragama

    Presiden mengatakan bahwa Indonesia harus terus memberikan contoh kepada dunia terkait keberagaman yang merupakan hukum alam yang tidak terh Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA