FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 11-2019

    71

    [DISINFORMASI] Foto Mengerikan Mulut Penuh Gigi

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan:

    Telah beredar foto di media sosial yang menunjukkan mulut tampak penuh dengan gigi, disebut karena kondisi langka hyperdontia. Dalam unggahan yang berbeda, ada yang menjelaskan bahwa foto tersebut milik seorang pasien di India yang di dalam mulutnya terdapat 232 gigi.

    Faktanya, benar ada kondisi medis bernama Hyperdontia. Dikutip dari PubMed, Hyperdontia ini terjadi ketika di mulut tumbuh struktur mirip seperti gigi di luar dari 20 gigi susu dan 32 gigi permanen yang biasanya ada.

    Menurut penelusuran detikcom tidak menemukan foto digunakan dalam berbagai kasus Hyperdontia yang dilaporkan. Pada tahun 2014 lalu memang pernah ada satu pasien remaja bernama Ashik Gavai di India dioperasi karena terdapat 232 struktur mirip gigi di mulutnya. Tapi gigi-gigi tersebut tumbuh di dalam gusi, tidak menyembul keluar. Penelusuran lainnya oleh halaman pencari fakta Snopes menemukan gambar Hyperdontia yang ramai dibagikan di media sosial memiliki tanda sudah diedit secara digital. Ada beberapa gigi yang tampak diduplikasi sehingga seolah-olah mulut tampak penuh oleh gigi. Selain itu Snopes juga menemukan bahwa gambar Hyperdontia yang viral sudah mulai muncul sejak tahun 2010 di situs cerita fiksi.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4779924/foto-mengerikan-mulut-dengan-232-gigi-karena-kondisi-langka-asli-atau-hoax

    https://www.snopes.com/fact-check/hyperdontia-supernumerary-teeth/

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Foto Sri Mulyani dan Suami Naik Sepeda Brompton Milik Pribadi

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Makan Brutu Ayam Bikin Pikun

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Final, Mendagri Tito Karnavian dan Menkopolhukam Mahfud MD Akhirnya Sepakat Tidak Perpanjang Izin SKT FPI

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Said Aqil Minta Umat Islam Jangan Ganggu Politik Tiongkok, karena Tiongkok Juga NU

    Selengkapnya