FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 11-2019

    449

    [DISINFORMASI] Antibiotik Mengobati Batuk dan Pilek

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Penyakit batuk dan pilek merupakan penyakit yang umum dialami setiap orang. Pada saat batuk dan pilek menyerang, banyak orang yang memilih mengonsumsi antibiotik untuk menyembuhkan penyakit ini.

    Faktanya menurut Harry Parathon, Ketua Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba batuk dan pilek tidak perlu diatasi menggunakan antibiotik. Untuk mengobati batuk dan pilek penderita hanya memerlukan istirahat, minum cukup air putih, mengonsumsi sayur, buah dan rutin mengeluarkan lendir dalam tubuh. Harry menjelaskan bahwa penggunaan antibiotik berlebihan juga berisiko menimbulkan resistensi, yang menurunkan risiko pemulihan penyakit. hal tersebut dikarenakan ketika bakteri kebal dengan banyak antibiotik maka penderita tidak dapat diobati dengan antibiotik apapun. Harry menyarankan masyarakat berkonsultasi terlebih dulu sebelum mengonsumsi antibiotik. Bila perlu, pasien bisa meminta pemeriksaan laboratorium yang meyakinkan pentingnya antibiotik sebab menurutnya tak semua gangguan pada tubuh harus diatasi dengan antibiotik, kecuali yang sudah mengganggu fungsi tubuh, produktivitas, dan pertumbuhan.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter :

    https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4227217/batuk-pilek-tak-butuh-antibiotik-ini-yang-sebenarnya-lebih-dibutuhkan

    https://www.suara.com/health/2017/11/14/184129/alami-demam-jangan-buru-buru-konsumsi-antibiotik

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Vaksin Sinovac untuk Lawan Virus Corona Haram karena Belum Mendapat Label Halal dari MUI

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Video Penghijauan di Pakistan yang Salah Jenis Pohonnya

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Presiden Joko Widodo Melatih Jan Ethes Lempar Tanggung Jawab

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Video Viral PKL Menangis Mengaku Diancam Istri Wakapolda Sumatera Selatan

    Selengkapnya