FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 11-2019

    889

    Ini Manfaat Radio Maritim Bagi Nelayan

    Kategori Sorotan Media | meit001

    JAKARTA (IndoTelko) - Pemanfaatan radio maritim bisa melindungi para nelayan dari terjadinya bencana saat tengah melaut.

    Direktur Operasi Sumber Daya Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Dwi Handoko menyatakan manfaat lain adalah mendukung komunikasi antarnelayan tanpa mengganggu layanan telekomunikasi lain, seperti penerbangan.

    “Ada dua manfaat. Pertama, untuk bagaimana nelayan melindung diri sendiri di laut dengan berkomunikasi secara benar apabila terjadi bencana atau bahaya. Kedua, bagaimana agar nelayan dalam berkomunikasi tidak mengganggu jalur komunikasi lain, seperti misalnya penerbangan. Dalam berkomunikasi menggunakan frekuensi radio harus secara benar sesuai aturan, agar tidak saling mengganggu," jelasnya saat memberikan sambutan dalam Maritime on the Spot (MOTS) di Pelabuhan Perikanan Untia, Makassar, Sulawesi Selatan, belum lama ini.

    Kegiatan di Makassar merupakan bagian dari pilot project MOTS di delapan pelabuhan pada 2019. Rencananya, Kominfo  bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencanangkan Gerakan Nelayan Sadar Frekuensi Radio hingga 20 pelabuhan di 20 provinsi pada tahun 2020.

    Diungkapkannya, ada tantangan cukup besar dalam mendorong nelayan untuk menggunakan frekuensi radio dengan benar. Selain banyaknya jumlah nelayan sesuai dengan data dari KKP juga membutuhkan gerakan yang massif.

    "Dari KKP menyebutkan empat ratus ribu lebih kapal nelayan (ukuran di bawah 60 GT). Diperlukan gerakan secara masif dalam sosialisasi untuk mendidik nelayan menggunakan frekuensi dengan benar. Gerakan ini harus menyebar dan dapat diselesaikan dengan lancar,” papar Dwi Handoko.

     

    Sumber: indotelko.com

    Berita Terkait

    Ini Kampanye Pakai Masker ala Kemkominfo

    GUNA membangun kesadaran masyarakat agar dapat mematuhi protokol kesehatan secara disiplin, Kementerian Kominfo gencar melakukan upaya komun Selengkapnya

    Kominfo Ajak Manfaatkan Medsos Untuk Bela Negara

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak warga yang tinggal di perbatasan, termasuk Kota Batam Kepulauan Riau, memanfaatkan media sos Selengkapnya

    Diskusi Media Ulas Makna Radikalisme dan Cara Tangani Isu Deradikalisasi

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar acara Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (Dismed FMB 9) untuk mengulas upaya der Selengkapnya

    Begini Makna Kurban Bagi Rudiantara

    Kastara.IDJakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyampaikan selamat merayakan Idul Adha kepada seluruh warganet di Indo Selengkapnya