FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 11-2019

    1218

    Kominfo Ingin Jadikan Indonesia Pusat Ekonomi Digital

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan Indonesia dapat menjadi negara pusat ekonomi digital dunia. Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangarapan hal itu bisa ditopang dengan penyediaan layanan teknologi komputasi awan atau cloud. 

    "Google sistem cloud keduanya akan beroperasi di Indonesia tahun depan. AWS (Amazon Web Services) 2021 beroperasi. Dengan adanya aturan ini (PP PSTE) kami ingin menjadikan Indonesia pusat ekonomi digital dunia. Siapa saja bisnis digital silakan datang ke Indonesia, semuanya akan mudah, kami siapkan semua ekositemnya," tutur Semuel dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema "Ada Apa Dengan PP No.71 Tahun 2019 (PP PTSE)" di Ruang Serba Guna, Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (4/11/2019).

    Menurut Dirjen Semuel, dengan kemudahan yang diberikan kepada Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) swasta serta dibangunnya ekosistem yang mendukung, diharapkan dapat mendorong mereka untuk menempatkan pusat datanya di Indonesia.

    "Sebenarnya kenapa kita memberikan keleluasaan terhadap private sector (swasta)? Karena mereka berpikir secara ekonomis, kalau layanan itu ada di sini, dia pasti (pusat data) di sini. Makanya Pemerintah mendorong terbangunnya ekosistem itu. Makanya kita permudah supaya semuanya (pusat data) ada di Indonesia," jelasnya. 

    Namun demikian, meski Pemerintah memberikan kemudahan, tapi Kemkominfo tetap menjamin keamanan data pribadi warga negara Indonesia. "Kalau swasta kita kasih kemudahan, yang penting bayar pajak dan pajaknya tinggi. Keamanannya sudah, UU (Undang-Undang)-nya sudah memberi rambu-rambu, yaitu Pasal 2 UU ITE. Begitu ada kerugian dialami Indonesia di luar negeri, kita bisa kejar," tegasnya. 

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA