FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 11-2019

    2514

    Tingkatkan Kompetensi Humas, Pusdiklat Kominfo Selenggarakan Pelatihan Sentiment Analysis

    Kategori Berita Kominfo | vera002

    Jakarta, Kominfo- Pusat Pendidikan dan Pendidikan (Pusdiklat) Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Pelatihan Teknis Sentiment Analysis dengan peserta pejabat pranata humas, dosen bidang Kehumasan, dan pejabat fungsional yang mempunyai bidang ketugasan yang berhubungan dengan kehumasan.

    Kepala Pusdiklat Usuluddin menjelaskan bahwa pelatihan ini terselenggara berkat dana insentif pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang komunikasi. “Dana insentif ini diperoleh dari Kementerian Keuangan merujuk pada status WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) Kominfo selama 3 (tiga) tahun berturut-turut. Walaupun pelatihan ini dirancang dalam waktu singkat, akan tetapi materi yang ditawarkan mempunyai perspektif kabaharuan dan kekinian,” ujarnya saat membuka Pelatihan Teknis Sentiment Analysis di Pusdiklat Kominfo Kebon Jeruk Jakarta, Senin (4/11/2019) .

    Ditambahkan oleh Ketua Panitia Pelatihan, Agung Harimurti, Pelatihan Teknis Sentiment Analysis ini untuk meningkatkan kompetensi teknis pelaku kehumasan pemerintah dalam menganalisis media sosial dengan menggunakan aplikasi dan menyusun rekomendasi rencana aksi komunikasi secara tepat. “Sementara tujuan kompetensi ini diharapkan para peserta mampu memahami isu dan opini publik dengan baik dan benar; memahami  analisis media sosial dengan baik dan benar; mampu menganalisa hasil media sosial dengan menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan, serta dapat menyusun rekomendasi rencana aksi komunikasi,” tambah Agung.

    Dalam Pelatihan Teknis Sentiment Analysis ini para peserta akan mendapatkan materi pelajaran diantaranya Isu dan Opini Publik, Pengantar Analisis Media Sosial, Analisis Media Sosial, Kunjungan Lapangan ke Drone 9 lantai 8 Kementerian Kominfo, serta pembuatan Rekomendasi Rencana Aksi Komunikasi yang diberikan oleh para narasumber mulai dari praktisi, akademisi dan para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Kementerian Kominfo.

    Sedangkan untuk peserta Pelatihan Teknis Sentiment Analysis berasal dari Kementerian Kominfo, Badan Standarisasi Nasional, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Agama, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Sekretariat DPD Sumatera Selatan, dan Badan Informasi Geospasial. (**AHP/Ed.VE)

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Akan Diresmikan Presiden, Kominfo Targetkan PDN Tuntas Agustus 2024

    Selain di Bekasi, Kementerian Kominfo merencanakan pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara. Selengkapnya

    Lantik PNS Formasi PKN STAN, Kominfo Targetkan Jadi Pelopor Birokrasi yang Sehat

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo Imam Suwandi mendorong PNS Formasi PKN STAN yang baru dilantik menggali potensi diri dan menjadi pelop Selengkapnya

    Tingkatkan Kualitas Layanan Informasi Publik, Kominfo Gelar Bimtek PID

    Kominfo terus berusaha memfasilitasi dalam hal teknologi agar mendukung upaya peningkatan kualitas layanan informasi publik. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA