FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 10-2019

    132

    Kominfo: Pendapatan Ekonomi Digital RI Capai 566 T Tahun Ini

    Kategori Sorotan Media | meit001

    Sekretaris Jenderal Kementerian Kementerian Komunikasi Rosarita Niken Widiastuti mengatakan ekonomi digital terus bertumbuh. Dari pendapatan ekonomi digital pada 2018 sebesar US$ 27 miliar, ia yakin angkanya naik pada tahun ini.

    "Pada 2019 ini diperkirakan jadi US$ 40 miliar atau setara Rp 566 triliun," kata Niken dalam acara Connect di Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2019.

    Potensi ekonomi digital itu, menurut Niken, bakal terus meningkat karena ditambah dengan infrastruktur yang semakin baik. "Digambarkan sebagai digital archipelago, sekarang dalam kondisi prima oleh pengguna internet dan infrastruktur internet yang disiapkan Kominfo lewat Palapa Ring," kata dia.

    Merurut Niken, Palapa Ring telah dibangun pemerintah untuk memberi pelayanan prima kepada seluruh masyarakat Indonesia. Saat ini, kata dia, lebih dari 60 persen penduduk atau sekitar 171 juta merupakan pengguna internet. "Tentu ini punya potensi besar khususnya ekonomi digital."

    Adapun potensi ekonomi digital di Indonesia dari tahun ke tahun makin besar. Dalam riset berjudul e-Conomy SEA 2019 yang dilansir Google, Temasek dan, Bain & Company menaksir potensi ekonomi digital Tanah Air bakal menyentuh US$ 133 miliar atau Rp 1.862 triliun di tahun 2025 mendatang.

    “Untuk prediksi realisasi tahun ini saja bertumbuh menjadi US$ 40 miliar,” kata Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf di kantornya, Senin 7 Oktober 2019.

    Randy menyebutkan, luasnya wilayah dan jumlah penduduk yang masif di Indonesia menjadi potensi unik yang tidak bisa didapatkan negara lain. Selain itu pembangunan infrastruktur dan ekosistem ekonomi digital yang terus membaik membikin Indonesia menjadi negara yang pertumbuhan omzet ekonomi digitalnya yang paling moncer di kawasan Asia Tenggara dengan raihan hingga 49 persen.

    Sumber : swa.co.id

    Berita Terkait

    Kominfo Jamin Jaringan Telekomunikasi Lancar Saat Natal - Tahun Baru

    Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia telah berkoordinasi dengan operat Selengkapnya

    Menkominfo Wajibkan Infrastruktur Digital Dukung Kepentingan Nasional

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia Johnny G Plate mengatakan bahwa selain memberikan manfaat, infrastruktur Selengkapnya

    Kominfo dan Mercu Buana Gulirkan Program 'Digital Talent Scholarship' Untuk Mahasiswa

    Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) bersama 20 perguruan tinggi negeri (PTN) dan belasan perguruan tinggi swasta (PTS) tahun ini Selengkapnya

    Kemenkominfo Sediakan 50.000 Beasiswa Digital

    Kementerian Komunikasi dan Informatika pada 2020 menyediakan 50.000 beasiswa digital, untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing sumber Selengkapnya