FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 10-2019

    548

    Pemerintah Tetap Utamakan Pendekatan Kultural Tangani Masalah Papua

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan bahwa pendekatan kultural dan kemanusiaan harus tetap menjadi fokus utama dalam menangani permasalahan yang ada di Papua. Meski begitu, pendekatan hukum, keamanan dan militer juga tak bisa dihilangkan.

    “Pendekatan kultural dan kemanusiaan harus tetap menjadi fokus utama tanpa menghilangkan pendekatan hukum dan keamanan, serta pendekatan militer yang diperlukan,” katanya di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (29/10/2019).

    Menurut Menko Polhukam, sementara ini kementerian dan lembaga terkait belum melakukan pemetaan komprehensif secara bersama-sama. Meski pun, masing-masing sudah memetakan semua seperti Polri, Kemendagri, Panglima TNI, dan Kementerian Pertahanan.

    “Nah pendekatan yang dilakukan tetap komprehensif, ada pendekatan keamanan atau pendekatan penegakan hukum sehingga mereka itu bisa dilihat sebagai kelompok gerakan bersenjata, kelompok kriminil bersenjata, itu bisa. Tapi juga mungkin ada yang separatis, itu perlakuannya tentu berbeda-beda,” katanya.

    Kemudian, lanjut Menko Polhukam, lebih banyak di sana rakyat biasa yang tidak tahu apa-apa, sehingga pendekatannya juga harus berbeda lagi.

    “Besok hari Kamis mau saya rapat dulu, mau lihat bagaimana menteri lain melihat itu. Tetapi secara umum kalau Anda lihat secara fisik kan bagus akhir-akhir ini, ya. Tidak lagi mencekam. Kalau dilihat akhir-akhir ini, objektifnya, bukan yang dibuat-buat,” kata Menko Polhukam Mahfud MD.

    Berita Terkait

    Jiwa Disiplin dan Peduli Sangat Dibutuhkan untuk Percepat Penanganan Pandemi

    Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo dalam amanatnya di upacara Peringatan Hari Pramuka ke-59 yang mengangkat tema “Peran Gerakan Pram Selengkapnya

    Sinergi Triple-Helix, Kunci Utama Penguatan Inovasi

    Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) memberikan dampak yang serius, baik dalam bidang kesehatan, ekonomi maupun pendidikan, sehingga Selengkapnya

    Pemerintah Dorong Penggunaan Alat Pembayaran Digital di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

    Pemerintah mendukung upaya sosialisasi dan penerapan alat pembayaran digital sebagai bagian dari adaptasi pelaku pariwisata dan ekonomi krea Selengkapnya

    Pemerintah Kembangkan Ekosistem Ekonomi dan Keuangan Syariah Berbasis Pondok Pesantren

    Pemerintah mengembangkan Pondok Pesantren untuk mereplikasi implementasi ekosistem pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Kebijakan ini Selengkapnya