FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 10-2019

    1109

    Kominfo Dorong Kebinekaan Lewat Literasi Media Sosial

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Maumere, Kominfo - Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong masyarakat untuk merawat kebinekaan melalui pendidikan literasi media sosial.

    "Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat menerima pesan tentang tata cara menggunakan media sosial yang baik dan benar melalui dialog publik," ujar Inspektur Jenderal Kementerian Kominfo Doddy Setiadi di Lapangan Golden Nita Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) Sabtu (26/10/2019).

    Doddy Setiadi mengatakan pengguna media sosial harus mencari informasi untuk menambah pengetahuan. Bahkan Irjen Kementerian Kominfo mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati karena tidak semua informasi baik dan benar.

    "Ada informasi hoaks yang bersifat negatif. Jadi sebaiknya kita berfikir dulu sebelum membagikan informasi yang kita dapat.  Sebaiknya kita harus bisa memilah bahwa informasi itu benar atau tidak karena apabila kita tidak bisa memilah dikawatirkan akan terkena hukum pidana yang akhirnya akan merugikan diri kita sendiri," tandasnya.

    Dalam acara Pertunjukan Rakyat dengan tema Merawat Kebhinekaan melalui Literasi Media Sosial itu, Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Komisi I DPR RI menghadirkan narasumber Anggota DPR RI Andreas Hugo Pareira. 

    Menurut Andreas Hugo Pareira saat ini jumlah telepon seluler yang digunakan lebih banyak daripada jumlah penduduk di Indonesia. "Artinya setiap orang bisa saja memiliki lebih dari 1 handphone dan hampir semua masyarakat memiliki media sosial. Namun diharapkan kepada masyarakat agar tetap berhati-hati menerima informasi yang berasal dari media sosial," jelasnya.

    Ribuan masyarakat terlihat sangat antusias menyaksikan kegiatan pertunjukan rakyat ini yang juga diisi dengan fashion show kain khas NTT dan hiburan musik oleh penyanyi tanah air yang berasal dari Kabupaten Sikka yaitu Mario G Claw (Juara 1 The Voice Indonesia) dan Aziza (Kontestan Akademi Dandut Indosiar).

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA