FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 10-2019

    252

    Dukung Pertumbuhan Ekonomi Digital, Kominfo Terus Kembangkan SDM TIK

    Kategori Berita Kementerian | patr001

    Bogor, Kominfo – Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika terus mengembangkan SDM TIK guna mendukung pertumbuhan ekonomi digital.

    Kepala Balitbang SDM Basuki Yusuf Iskandar mengatakan dalam Rencana Strategis 2020-2024, Kementerian Kominfo memiliki empat strategi untuk memaksimalkan perkembangan revolusi industri 4.0 yaitu: pemerataan konektivitas broadband ke seluruh wilayah Indonesia, akselerasi kompetensi SDM mendukung ekonomi digital, perbaikan layanan publik dan permudah birokrasi dengan digitalisasi, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital.

    “Oleh karena itu, beberapa inisiatif program telah diluncurkan Kementerian Komunikasi dan Informatika khususnya Badan Litbang SDM untuk pengembangan SDM bidang TIK yaitu pemberian 25.000 beasiswa Pelatihan dan Sertifikasi Talenta Digital atau Digital Talent Scholarship di tahun 2019 serta pelatihan dan sertifikasi berbasis SKKNI bidang TIK yang telah dilakukan sejak 2014," paparnya dalam Seminar Nasional Badan Litbang SDM Tahun 2019 dengan tema ‘Pengembangan SDM Indonesia untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Digital’ di Bogor, Rabu (23/10/2019).

    Kepala Balitbang SDM mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi ekonomi digital yang luar biasa. “Nilai pasar ekonomi digital Indonesia mencapai 27 miliar USD di tahun 2018 atau setara dengan 40% nilai ekonomi digital kawasan Asia Tenggara, ” tuturnya.

    Pengembangan SDM TIK yang dilakukan merujuk pada Hasil Kajian Badan Litbang SDM Tahun 2019 bidang teknologi informatika. “Kajian yang dilakukan oleh Badan Litbang SDM tahun ini terkait kebutuhan (demand) SDM TIK di Indonesia menemukan bahwa kebutuhan keahlian-keahlian yang spesifik seperti IoT specialist, Blockchain Specialist semakin tinggi, ” katanya.

    Menurut Basuki, keahlian-keahlian seperti programmer/ developer, business inteligence, termasuk data scientist dan data analyst, dan digital entrepreneur kini sanagt dibutuhkan. "Merupakan tiga teratas profesi SDM TIK yang paling dibutuhkan hingga sepuluh tahun mendatang oleh enterprise/ perusahaan besar dan menengah, dan industri startup, ” tambahnya.

    Sementara itu, Kepala Puslitbang Aptika dan IKP Kementerian Kominfo Sunarno mengatakan seminar nasional tersebut merupakan forum ilmiah tahunan Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo yang diadakan sejak tahun 2010 dengan mengundang para peneliti, akademisi, praktisi serta kalangan umum dari berbagai instansi.

    “Dengan latar belakang fokus pemerintahan lima tahun ke depan yaitu dalam hal pengembangan SDM, tujuan dari kegiatan seminar nasional yaitu: mengetahui kebutuhan digital skills oleh industri TIK ke depan, merumuskan pola dan strategi untuk menyiapkan digital skills Indonesia ke depan yang dapat menjawab kebutuhan industri, menjalin kerja sama antar berbagai stakeholders dalam menghasilkan digital skills yang unggul dan berdaya saing guna memajukan ekonomi digital Indonesia, dan mendapatkan berbagai ide, masukan, pemikiran kritis dan hasil-hasil penelitian yang membangun dalam bentuk Karya Tulis Ilmiah dan Idea Concept Paper, terhadap isu pengembangan SDM bidang Kominfo ke depan” katanya.

    Kepala Puslitbang Sunarno menjelaskan bahwa melalui forum tersebut, para peserta akan mendapatkan tambahan wawasan dari narasumber yang kompeten untuk membahas dua topik diskusi yaitu pola kebutuhan dan strategi pemenuhan digital skills di Indonesia serta strategi penyiapan digital skills Indonesia sejak dini.

    “Dalam Kompetisi Karya Tulis Ilmiah (KTI), panitia menerima 38 KTI yang masuk dan telah terseleksi 20 KTI terbaik yang akan dipresentasikan dalam forum. Sementara dalam kompetisi Idea Concept Paper (ICP), panitia menerima 55 konsep ide yang beragam dan telah terpilih 10 ICP terbaik yang juga akan dipresentasikan dalam forum” katanya. (PS)

    Berita Terkait

    Dirjen IKP Ajak Dinas Kominfo Tingkatkan Pemerataan Sebaran Informasi

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Widodo Muktiyo mengajak seluruh Dinas Kominfo di s Selengkapnya

    Hadapi Era Disruptif, ASN Kominfo Perlu Terapkan Teori U

    Menghadapi era disruptif, Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Komunikasi dan Informatika perlu menerapkan Teori U, dimana seorang ASN ha Selengkapnya

    Siap Gelar MOTS 2020, Kominfo Turunkan Tim dari 22 UPT

    Setelah menuntaskan delapan pilot project pelaksanaan Maritim on the Spot (MOTS) sepanjang 2019, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangk Selengkapnya

    Dukung Gerakan Menuju 100 Smart City, Kominfo Gelar Pelatihan Teknis

    Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Badan Litbang SDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Pelatihan Teknis Selengkapnya