FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 10-2019

    468

    Menkominfo Tak Menyangka, Target Unicorn Lampaui Ekspektasi

    Kategori Berita Kementerian | mth
    Staf Khusus Kementerian Komunikasi dan Informatika Lis Sutjiati (kedua kanan), Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra (kelima kanan) dan sejumlah pengusaha mengepalkan tangan dalam pembukaan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital di Denpasar, Bali, Sabtu (7/9/2019). Kegiatan tersebut diikuti sekitar 1.300 peserta untuk memberi pengetahuan mengenai startup entrepreneur yang mengutamakan kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan bisnis di era digital. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan tiga Unicorn di awal periode Kabinet Kerja. Namun, jumlah tersebut sukses melebihi target, yakni menghasilkan lima startup Unicorn karya anak bangsa.

    Lima Unicorn tersebut antara lain Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, Bukalapak dan Ovo. Go-Jek sendiri telah resmi menyandang predikat Decacorn karena berhasil memiliki nilai valuasi USD 10 Miliar.

    Menteri Kominfo Rudiantara mengatakan, Kementerian Kominfo sebelumnya hanya menargetkan tiga unicorn. “Saya buka-buka dokumen padahal tahun 2016 saya bicaranya cuman tiga (unicorn) di dokumennya, tapi ngomongnya lima terus,” kata Rudiantara saat mengadakan syukuran dengan wartawan Kominfo di rumah dinas menteri, Jakarta Kamis (17/10/2019).

    Rudiantara menuturkan pencapaian pemerintah meraih lima unicorn, sebetulnya tidak ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Meskipun begitu, Rudiantara bersyukur kehadiran unicorn memberikan nilai tambah dalam ekosistem ekonomi digital.

    “Ini kan tidak ada di RPJMN sebetulnya bahwa target kita lima Unicorn. Akhirnya, alhamdulillah lima unicorn. Kenapa? Karena sekali lagi pemerintah tidak mengatur secara ketat, tapi memberikan kesempatan kepada anak muda,” jelasnya 

    Lebih lanjut, kata Rudiantara, prestasi anak bangsa yang telah menghadirkan eksositem ekonomi digital di Indonesia ini harus bersama-sama ikut membantu pemerintah menumbuhkan ekonomi nasional. 

    “Ada Nadiem, William, Ferry, Zaky ayo-ayo mau apa, tapi nanti kalau sudah besar bantu pemerintah ya, bantu negara ya, mereka mau makanya tumbuh dengan cepat,” tuturnya

    Tidak hanya itu, Kementerian Kominfo juga mendorong sumber daya manusia Indonesia, terutama kaum milenial melalui inisiatif program Digital Talent Scholarship. Tahun 2019, Kominfo rekrut 25 ribu digital talent, angka tersebut akan bertambah pada tahun 2020 dengan target 50 ribu talenta. **

    Berita Terkait

    Menkominfo Tekankan Tiga Aspek Menuju Kenormalan Baru

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, kesiapan pemerintah dalam memasuki era new normal atau kenormalan baru meneka Selengkapnya

    Menkominfo Ikuti Upacara Bendera Virtual Peringatan Hari Lahir Pancasila

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengikuti Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila dari kediaman di Jakarta, Senin Selengkapnya

    Kominfo Ajak Masyarakat Sebar Pesan Positif Hadapi Pandemi Covid-19

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak seluruh masyarakat di Tanah Air untuk terus menebarkan pesan-pesan positif terkait Covid-19 Selengkapnya

    Menkominfo: Idulfitri Meningkatkan Kedewasaan Bangsa

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan ucapan Selamat merayakan Idulfitri 1441 H kepada seluruh umat muslim di Indo Selengkapnya