FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 10-2019

    589

    Presiden: Palapa Ring Berdampak Positif ke Banyak Sektor

    Kategori Berita Kementerian | mth
    Presiden Joko Widodo (kanan) memberi sambutan saat meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10/2019). Palapa Ring tersebut akan menghubungkan 514 kabupaten dan kota melalui koneksi internet. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Pemerintah melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika telah merampungkan pembangunan infrastruktur telekomunikasi jaringan tulang punggung internet cepat Palapa Ring. 

    Setelah pembangunan Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur, Presiden Joko Widodo akhirnya meresmikan pengoperasiannya untuk menghubungkan 514 ibu kota kabupaten dan kota seluruh Indonesia.

    Presiden mengatakan, Palapa Ring tidak hanya dirasakan manfaatnya dalam sektor ekonomi, melainkan juga dalam sektor lain yang saling terikat. 

    "Palapa Ring tidak hanya memajukan sektor ekonomi, kita ingin ini bisa berguna bagi sektor sosial, budaya politik dan pemerintah kita," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019).

    Melalui Palapa Ring, kata Presiden, Indonesia akan disatukan dari Sabang sampai Merauke, dari dari Miangas sampai Pulau Rote dengan jaringan internet kecepatan tinggi. 

    Kepala Negara menambahkan, target pemerintah menyelesaikan Palapa Ring sebagai bentuk komitmen dalam menuntaskan pembangunan infrastruktur. Baik infrastruktur jalan tol, tol laut dan Palapa Ring sendiri.

    "Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen untuk menuntaskan Palapa Ring sebagai infrastruktur tol langit kita. Kalau ada tol, jalan tol darat, ini ada tol langit," imbuhnya 

    Presiden Joko Widodo berharap agar masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan akses digital tersebut, untuk lebih mempererat semangat persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa dan kesejahteraan bagi seluruh warga negara. 

    "Akses digital ini harus kita manfaatkan untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa, untuk penguatan persatuan kita, persaudaraan diantara kita, untuk memperkuat dan memperbaiki pendidikan kita, memfasilitasi lalu lintas ilmu pengetahuan dan menembus seluruh pelosok nusantara," tuturnya

    Palapa Ring juga diharapkan menjadi penghubung produk-produk lokal atau UMKM ke jaringan pasar nasional, bahkan ke pasar global.  "Nanti ini sudah dijangkau, kita koneksikan market place dari daerah disambungkan masuk ke market nasional, market nasional masuk lagi ke global market place," imbuhnya.

    Palapa Ring secara bertahap akan memeratakan kecepatan internet di seluruh Indonesia dengan disparitas harga yang semakin kecil antara wilayah di Jawa dengan wilayah di luar pulau Jawa. 

    Instalasi akhir Palapa Ring antara lain di Wamena (Kab. Jayawijaya), Kenyam (Kab. Nduga), dan Oksibil (Kab. Pegunungan Bintang) menyempurnakan penyelesaian Palapa Ring Timur yang menghubungkan 35 kabupaten/kota layanan dan 16 kabupaten/kota interkoneksi di wilayah Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku  dengan panjang 4.426 kilometer di laut dan 2.452 kilometer di darat. **

    Berita Terkait

    Presiden Ingin Platform Teknologi Dukung Transformasi Kemajuan Bangsa

    Selengkapnya

    Dirjen Aptika: Perlu Kesadaran Bersama akan Pelindungan Data Pribadi

    Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan, tantangan yang dihadap Selengkapnya

    Dirut BAKTI: Palapa Ring Buka Potensi Ekonomi Digital Daerah 3T

    Dirut BAKTI Kominfo, Anang Latif meyakini pembangunan Proyek Palapa Ring dapat membuka potensi ekonomi digital bagi daerah Terdepan, Terluar Selengkapnya

    Penetrasi Broadband Tumbuhkan Lapangan Kerja Baru

    Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ahmad M. Ramli, mengatakan broadband atau kon Selengkapnya