FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 10-2019

    599

    Pascademo Mahasiswa, Kemenkominfo Temukan 270 Ribu Hoaks

    Kategori Sorotan Media | meit001

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendata ada sebanyak 270 ribu URL yang tercatat melakukan penyebaran berita bohong atau hoaks. Pendataan tersebut dilakukan pada periode 22 sampai 30 September 2019.

    Menurutnya, platform yang tercatat dengan URL terbanyak adalah Twitter. Meski begitu, Rudiantara tidak merinci berapa banyak yang ditemukan di dalam Twitter.

    "Total dari semua platform puncaknya itu ada sekitar 270 ribu lebih yang paling tinggi, pada 25 September 2019," ujarnya di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

    Kendati ada sebanyak 270 ribu URL tercatat, Kemenkominfo tidak melakukan pemblokiran terhadap URL tersebut. Menurutnya, pemblokiran dilakukan dengan memperhatikan prioritas, apakah mengganggu keamanan atau tidak.

    Tambahnya, pemerintah juga selalu melakukan pantauan terhadap persebaran hoaks karena setiap harinya selalu ada hoaks.

    Mengingat sebentar lagi memasuki Pelantikan Presiden di 20 Oktober, Rudiantara mengimbau masyarakat untuk tidak terlibat dalam penyebaran hoaks dan mendukung proses pelantikan sesuai undang-undang yang berlaku.

    "Kita punya presiden yang akan dilantik, apa susahnya mendukung. Daripada bikin hoaks, lebih baik kita bersatu melawan luar," ujarnya.

    Sumber : Republica.co.id

    Berita Terkait

    Menkominfo Ajak Kembangkan Inovasi Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengajak seluruh insan pos dan telekomunikasi serta ekosistem komunikasi dan Selengkapnya

    Kominfo targetkan 12 ribuan desa dapat 4G

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan lebih dari 12.000 desa di Indonesia dapat tersambung ke jaringan 4G hingga dua tahun mend Selengkapnya

    Mudahkan PJJ, Kemenkominfo targetkan layanan 4G di 12.548 desa

    Jakarta (ANTARA) - Pada 2020 ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan penyelesaian pembangunan layanan 4G di 12.548 desa guna Selengkapnya

    Gelar Upacara Kemerdekaan RI Virtual, Kemenkominfo Siapkan 17.845 Tempat

    Merdeka.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebutkan setidaknya 17.845 tempat telah disiapkan bagi masyarakat yang ingin mengiku Selengkapnya