FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 10-2019

    280

    Pascademo Mahasiswa, Kemenkominfo Temukan 270 Ribu Hoaks

    Kategori Sorotan Media | meit001

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendata ada sebanyak 270 ribu URL yang tercatat melakukan penyebaran berita bohong atau hoaks. Pendataan tersebut dilakukan pada periode 22 sampai 30 September 2019.

    Menurutnya, platform yang tercatat dengan URL terbanyak adalah Twitter. Meski begitu, Rudiantara tidak merinci berapa banyak yang ditemukan di dalam Twitter.

    "Total dari semua platform puncaknya itu ada sekitar 270 ribu lebih yang paling tinggi, pada 25 September 2019," ujarnya di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

    Kendati ada sebanyak 270 ribu URL tercatat, Kemenkominfo tidak melakukan pemblokiran terhadap URL tersebut. Menurutnya, pemblokiran dilakukan dengan memperhatikan prioritas, apakah mengganggu keamanan atau tidak.

    Tambahnya, pemerintah juga selalu melakukan pantauan terhadap persebaran hoaks karena setiap harinya selalu ada hoaks.

    Mengingat sebentar lagi memasuki Pelantikan Presiden di 20 Oktober, Rudiantara mengimbau masyarakat untuk tidak terlibat dalam penyebaran hoaks dan mendukung proses pelantikan sesuai undang-undang yang berlaku.

    "Kita punya presiden yang akan dilantik, apa susahnya mendukung. Daripada bikin hoaks, lebih baik kita bersatu melawan luar," ujarnya.

    Sumber : Republica.co.id

    Berita Terkait

    Kemenkominfo Luncurkan Seleknas TIK 2020

    JAKARTA, investor.id - Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) resmi Selengkapnya

    Johnny G Plate Minta ASN Kominfo Wujudkan Visi Jokowi

    Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate minta pegawai Kominfo baik Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun kontra Selengkapnya

    Kemkominfo Terima 107 Aduan ASN Terpapar Radikalisme

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan pihaknya telah menerima banyak aduan terkait dugaan aparatur sipil Selengkapnya

    Sosialisasikan Hari Nusantara 2019, Kementerian Kominfo Temu Netizen di Padang

    Hari Nusantara merupakan peringatan terhadap Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957 yang merupakan pernyataan Pemerintah RI mengenai wilayah per Selengkapnya