FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 10-2019

    1008

    Pascademo Mahasiswa, Kemenkominfo Temukan 270 Ribu Hoaks

    Kategori Sorotan Media | meit001

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendata ada sebanyak 270 ribu URL yang tercatat melakukan penyebaran berita bohong atau hoaks. Pendataan tersebut dilakukan pada periode 22 sampai 30 September 2019.

    Menurutnya, platform yang tercatat dengan URL terbanyak adalah Twitter. Meski begitu, Rudiantara tidak merinci berapa banyak yang ditemukan di dalam Twitter.

    "Total dari semua platform puncaknya itu ada sekitar 270 ribu lebih yang paling tinggi, pada 25 September 2019," ujarnya di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

    Kendati ada sebanyak 270 ribu URL tercatat, Kemenkominfo tidak melakukan pemblokiran terhadap URL tersebut. Menurutnya, pemblokiran dilakukan dengan memperhatikan prioritas, apakah mengganggu keamanan atau tidak.

    Tambahnya, pemerintah juga selalu melakukan pantauan terhadap persebaran hoaks karena setiap harinya selalu ada hoaks.

    Mengingat sebentar lagi memasuki Pelantikan Presiden di 20 Oktober, Rudiantara mengimbau masyarakat untuk tidak terlibat dalam penyebaran hoaks dan mendukung proses pelantikan sesuai undang-undang yang berlaku.

    "Kita punya presiden yang akan dilantik, apa susahnya mendukung. Daripada bikin hoaks, lebih baik kita bersatu melawan luar," ujarnya.

    Sumber : Republica.co.id

    Berita Terkait

    Percepat Pemulihan Ekonomi, Menkominfo Dorong Kemitraan Multipihak

    Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi perekonomian di banyak belahan dunia. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan untu Selengkapnya

    Ajak Warganet Meriahkan SNF 2020, Menkominfo: Sebarkan Semangat Positif dan Kreatif

    Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali menggelar festival tahunan Siberkreasi Netizen Fair (SNF) 2020. Menteri Komunik Selengkapnya

    Anggota DPR apresiasi Kemkominfo majukan ekonomi digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI Toriq Hidayat mengapresiasi berbagai langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemko Selengkapnya

    DPR Apresiasi Langkah Kemenkominfo Tingkatkan Ekonomi Digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI, Toriq Hidayat memberikan apresiasi terhadap sejumlah langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan I Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA