FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 10-2019

    1194

    e-Filling Permudah Lakukan Pelaporan Pajak

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo -  Antrean wajib pajak (WP) untuk melaporkan surat pemberitahuan tahunan (SPT) di kantor pajak seringkali membludak terutama mendekati batas akhir pelaporan. Hal ini biasanya terjadi di bulan Maret dan April setiap tahunnya.

    Akibatnya, ruang tunggu yang tersedia menjadi tidak nyaman dan menyebabkan inefisiensi sumber daya kantor pajak karena pegawai harus menyediakan perpanjangan waktu layanan. Selain itu, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memiliki beban administrasi yang cukup besar untuk melakukan penerimaan, pengolahan, dan pengarsipan SPT di sepanjang tahun.

    Untuk mengatasi persoalan tersebut, dibutuhkan terobosan yang memudahkan pelaporan SPT bagi WP dan kemudahan pengelolaan data bagi kantor pajak. Berawal dari kondisi itulah, e-Filing hadir untuk memenuhi tuntutan masyarakat.

    “e-Filing bisa lapor dimana saja. Orang tua dan difabel kan susah kalau harus mendatangi kantor pelayanan. Nah dengan e-Filing mereka bisa lapor SPT sambil melakukan aktivitas yang lain, sehingga dampaknya mereka merasa dimudahkan," ujar Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo saat presentasi dan wawancara Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) beberapa waktu lalu di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

    Adanya e-Filing mempermudah WP untuk melakukan pelaporan SPT tanpa harus mendatangi kantor pajak sehingga lebih efektif, nyaman, aman, hemat tenaga dan waktu. Penerapan e-Filing diharapkan mengubah kebiasaan WP yang semula lapor pajak secara manual menjadi digital. Perubahan tersebut akan berdampak pada meningkatnya tingkat kepuasan layanan publik yang diberikan DJP.

    Implementasi e-Filing juga berdampak positif terhadap berbagai elemen WP termasuk kelompok yang rentan seperti orang tua dan difabel. Kelompok rentan tersebut mendapatkan kemudahan akses dalam memenuhi kewajiban perpajakannya.

    Bagi kantor pajak, kehadiran e-Filing mengurangi volume berkas fisik/kertas dokumen perpajakan. "Serta meningkatkan efektivitas kinerja pegawai dan memiliki data perpajakan WP yang akurat," tutup Mardiasmo.

    Berita Terkait

    Presiden Minta Segera Integrasikan Layanan pada Portal Nasional

    Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika terdapat lebih dari 27.000 aplikasi yang ada di tingkat pusat dan daerah. Selengkapnya

    Presiden Apresiasi Peran GP Ansor Sebarkan Nilai Moderasi Beragama

    Kepala Negara juga menekankan persatuan dan keutuhan bangsa harus ditempatkan di atas segalanya. Selengkapnya

    Peringatan Hari Ibu ke-95, Merayakan Perjuangan Perempuan Indonesia

    Momentum bagi setiap orang untuk mengenang dan menghargai kontribusi serta perjuangan perempuan Indonesia yang begitu besar dari masa ke mas Selengkapnya

    Presiden Paparkan Panduan AZEC Hadapi Perubahan Iklim

    Melalui panduan tersebut, Presiden pun berharap AZEC dapat menjadi platform yang dengan semangat kolaborasi dapat mengambil bagian konkret d Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA