FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 10-2019

    1413

    Tambah Wawasan Pegawai, Kemenko Polhukam Gelar Workshop 5G, AI, dan Big Data

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Bogor, Kominfo – Kedeputian VII Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur (Bidkoor Kominfotur) Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan mengadakan workshop tentang pengetahuan dalam bidang teknologi generasi ke 5 (5G), Artificial Intelligence (AI) dan Big Data bagi Pegawai di lingkungan Kemenko Polhukam.

    Berkerjasama dengan PT. Huawei Tech Investment, acara One Day Ict Workshop ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan pemahaman melalui Capacity Building terkait masalah cyber security agar memiliki tambahan wawasan di bidang TIK khususnya teknologi terupdate saat ini.

    “Urgensi kegiatan ini adalah Kebutuhan peningkatan kapasitas bagi personel di Kemenko Polhukam terkait tatakelola cyberspace dan pemahaman isu cyber security,” ujar Deputi VII Bidkoor Kominfotur Marsekal Muda Rus Nurhadi Sutedjo saat membuka acara di Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/10/2019) kemarin.

    Deputi VII Bidkoor Kominfotur mengungkapkan bahwa dengan berkembangnya teknologi 5G yang diikuti dengan semaraknya ransomewarewannacry, hoaks, peretasan website, pencurian dan penghancuran data e-commerce serta aktivitas teroris, kejahatan transnasional yang menggunakan new media maka Kemenko Polhukam yang memiliki core bisnis di bidang keamanan, berkepentingan untuk membangun SDM unggul.

    Kemajuan teknologi informasi saat ini telah memberikan manfaat yang besar bagi bidang kehidupan, mulai bidang bisnis, sosial bahkan bidang teknologi yang mempermudah masyarakat melakukan bisnis dan hubungan sosial antara satu dengan yang lain. Dalam bidang ekonomi, kemajuan TIK memberikan banyak kemudahan dan kecepatan dalam melakukan aktivitas perdagangan maupun bisnis.

    “Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri yang mana telah menunjukan tanda-tanda munculnya teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan produsen sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi,” jelas Rus Nurhadi.

    Pemanfaatan TIK juga untuk membuat layanan baru dalam perekonomian, bisnis dan pemerintahan antara lain e-banking, e-commerce dan e-government.

    Selain kemudahan dan kecepatan yang didapat, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang ekonomi ini juga memiliki sisi negatif, di mana banyak penyalahgunaan teknologi dalam melakukan tindak kriminal.

    Adapun dampak negatif dari perkembangan TIK dalam bidang ekonomi, misalnya; dengan mudahnya melakukan transaksi di internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang seperti transaksi barang selundupan, banyaknya terjadi kasus penipuan dalam perdagangan online dan lain sebagainya.

    “Pada masa jabatan kedua Presiden Jokowi berfokus pada lima program besar. Salah satu diantaranya adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Penekanan pada SDM ini sangat penting mengingat kita saat ini tengah memasuki periode bonus demografi,” paparnya.

    Pemanfaatan bonus demografi dihadapkan dengan tantangan perkembangan TIK yang begitu pesat sehingga salah satu fokus adalah bagaimana memanfaatkan populasi umur muda yang dominan dapat menguasai teknologi terutama di bidang TIK di era industri 4.0.

    “Kegiatan Capacity Building saat ini, diharapkan kita semua dapat mengikutinya dengan serius yang walaupun hanya 1 hari dan terdiri dari beberapa sesi presentasi dan tanya jawab, diharapkan partisipasi aktif dari kita semua sehingga sasaran yang ingin dicapai dapat terpenuhi,” jelas Rus Nurhadi.

    Berita Terkait

    Jaga Kondusifitas, Menko Polhukam Imbau Media Cegah Sebar Hoaks

    Pemerintah terus berkoordinasi untuk melakukan langkah antisipasi pengamanan di bidang informasi dan komunikasi pasca pemungutan suara Pemil Selengkapnya

    Buka Rakornas KPI, Menkopolhukam Berharap Banyak Kebijakan Penyiaran Dirumuskan

    Menkopolhukam menjelaskan transformasi penyiaran digital sudah berkembang pesat sejak 2010 dan salah satunya upaya pemerintah yakni mendoron Selengkapnya

    Wapres Ingatkan Pentingnya Konvergensi Program dan Akurasi Data

    Wapres mengingatkan, agar seluruh K/L memastikan terjadinya konvergensi berbagai program, sekaligus memastikan kualitas implementasi program Selengkapnya

    Canangkan Daerah Bebas Pungli di Bengkulu, Menko Polhukam Minta ASN Bekerja dengan Baik

    Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin telah menetapkan untuk meneruskan pemerintahan dengan fokus terhadap pembangunan infra Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA