FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 10-2019

    1564

    Kominfo Ajak Humas Edukasi Publik Soal Koperasi

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Yogyakarta, Kominfo - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo mengajak pejabat hubungan masyarakat pemerintah untuk mengedukasi dan menyebarkan pengetahuan mengenai koperasi kepada publik agar membantu penguatan demokrasi ekonomi di Indonesia.

    “Kami mengajak humas punya media sosial dan menggunakannya untuk mengedukasi dan memberikan pengetahuan tentang koperasi kepada publik,” katanya dalam acara Forum Tematik Bakohumas Kementerian Koperasi dan UKM 5 Tahun Reformasi Total Koperasi di Grand Keisha Hotel Yogyakarta, Rabu (09/10/2019).

    Menurut Dirjen Widodo Muktiyo, pengembangan koperasi membutuhkan keterlibatan semua pihak. Dan pejabat humas memiliki peran dalam menyebarkan informasi melalui semua kanal yang ada. "Koperasi bisa menjadi pilar ekonomi di Indonesia. Untuk itu diperlukan sinergitas semua pihak. Tugas humas adalah menyebarkan informasi terkait pengembangan koperasi seluas-luasnya, selengkap-lengkapnya kepada publik, melalui semua kanal yang ada," jelasnya.

    Menurut Dirjen Widodo Muktiyo, humas pemerintah dituntut untuk aktif memiliki dan menggunakan media sosial untuk kepentingan positif. "Informasi yang positif tentang koperasi melalui media sosial akan mendatangkan impact dan outcome yang baik dari sisi untuk memerangi hoaks maupun penguatan demokrasi ekonomi di tanah air," jelasnya.

    Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Teguh Boediyana mengatakan Bakohumas harus mampu menembus semua egosektoral untuk bersatu menyiarkan narasi tunggal tentang koperasi.

    “Bakohumas harus mampu menembus semua egosektoral. Koperasi akan bermanfaat kalau melakukan kegiatan ekonomi yang riil,” katanya.

    Dalam laporannya Ketua Panitia Acara Forum Tematik Bakohumas bertema “5 Tahun Reformasi Total Koperasi” Darmono mengatakan acara tersebut digelar untuk menyosialisasikan keberhasilan program Reformasi Total Koperasi sekaligus memberikan motivasi kepada gerakan koperasi khususnya koperasi milenial agar siap menghadapi era revolusi industri 4.0.

    “Peran humas pemerintah sangat penting dalam memasyarakatkan koperasi sebagai badan usaha yang diamanatkan oleh konstitusi,” katanya.

    Darmono menyambut baik ketika sebanyak 70 peserta anggota Bakohumas yang merupakan perwakilan dari humas kementerian dan lembaga lainnya hadir dalam acara tersebut. Pada kesempatan itu digelar diskusi yang menghadirkan pengamat koperasi Suroto, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi DI Yogyakarta Srie Nurkyatsiwi, dan Ketua Koperasi Mahasiswa UGM Ika Rizky Fauziah dipandu moderator diskusi Freddy Yakob.

    Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi DI Yogyakarta Srie Nurkyatsiwi mengatakan para pelaku koperasi dan UKM dihadapkan pada tantangan era revolusi industri 4.0. “Kondisi ini didukung dengan semakin maraknya e-commerce yang bersaing memperebutkan pengguna. Perkembangan seperti ini perlu untuk ditangkap oleh pelaku koperasi dan UKM,” katanya.

    Menurut Srie Nurkyatsiwi, kehadiran teknologi dapat dijadikan sebagai alat bantu untuk menerapkan strategi efisiensi usaha serta meningkatkan daya saing termasuk media sosial di dalamnya.

    Besok, peserta akan diajak untuk berkunjung ke salah satu koperasi sukses yakni Koperasi Pariwisata Catra Gemilang di kawasan Borobudur. Koperasi itu menjalankan bisnis penunjang pariwisata seperti fotografi, penginapan, laundry, hingga catering yang melibatkan banyak UKM dan tenaga kerja.

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Kominfo Akan Wajibkan Publisher Gim di Indonesia Berbadan Hukum

    Kementerian Kominfo dipastikan tidak membentuk badan rating ini sendiri, namun menyerahkannya ke pihak ketiga agar bisa menjadi lembaga inde Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA